Kompas.com - 25/12/2020, 06:31 WIB
Wisatawan saat berada di Candi Arjuna, salah-satu candi di kompleks candi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Minggu (15/10/2020). KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGWisatawan saat berada di Candi Arjuna, salah-satu candi di kompleks candi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Minggu (15/10/2020).

KOMPAS.com – Kabupaten Banjarnegara di Jawa Tengah sudah siap menyambut wisatawan selama periode libur Natal dan Tahun Baru 2021.

“Kabupaten Banjarnegara khususnya, yang jadi magnet (wisatawan) Dieng. Kita lebih tekankan dari sisi pencegahan kerumunan atau traffic management,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara Agung Yusianto kepada Kompas.com, Selasa (22/12/2020).

Dia melanjutkan, nantinya di pintu masuk di jalur-jalur tempat wisata jug ada petugas tambahan untuk mengingatkan bahwa mereka tidak boleh berkerumun.

Baca juga: Desa Wisata di Banjarnegara, Kerajinan Keramik hingga Tubing di Goa

Adapun, Kabupaten Banjarnegara memiliki sejumlah tempat wisata yang menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan.

Agung menjelaskan, banyak wisatawan yang suka berdiam pada satu area dalam waktu yang lama hanya sekadar untuk berwafoto ria.

“Selain menikmati panorama, mereka juga sekarang kan tren suka selfie-selfie. Nanti petugas tambahan ada untuk mengingatkan supaya segera lanjutkan perjalanan,” ungkapnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Ranu Kumbolo Jawa Tengah di Telaga Dringo Banjarnegara Kini Mudah Dijangkau

Selain itu, beberapa tempat wisata juga akan dibatasi kunjungan setiap pengunjungnya antara 1-1,5 jam per orang.

Sebagai contoh, rencananya wisatawan yang liburan ke Candi Arjuna hanya boleh menghabiskan waktu maksimal satu jam di sana.

“Kita lihat situasi dan kondisi. Kawah Sikidang karena lebih luas (wisatawan) 1,5 jam tapi itu fleksibel. Kalau wisatawan makin banyak, arus masuk-keluar harus dipercepat,” tutur Agung.

Libatkan banyak pihak untuk perketat protokol kesehatan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X