Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyuwangi Siap Sambut Wisatawan Saat Libur Akhir Tahun

Kompas.com - 25/12/2020, 08:31 WIB
Nabilla Ramadhian,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi MY Bramuda, akrab disapa Bram, mengatakan bahwa Banyuwangi menyambut seluruh wisatawan dari mana pun.

“Dari mana saja boleh, tidak ada (larangan) dari zona merah. Sejauh ini menurut pantauan kami, kalau mereka tiba dari luar kota, mereka sudah membawa rapid,” katanya kepada Kompas.com, Selasa (22/12/2020).

“Wisatawan siap siap, butuh refreshing. Tapi sebelum berangkat, karena rapid murah, mereka sudah rapid duluan dari daerah asal. Biasanya begitu,” sambugnya.

Baca juga: Arabian Street Food Banyuwangi, Nikmati Lezatnya Kuliner Timur Tengah

Sementara bagi yang menginap di hotel, Bram mengungkapkan, sebagian besar sudah melakukan rapid test terlebih dahulu.

Namun, hal ini karena adanya aturan wajib rapid test antigen dalam transportasi udara dan kereta api yang tertulis dalam Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 3 Tahun 2020. Kebijakan berlaku sejak Selasa hingga 8 Januari 2021.

SE Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 3 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021 Dalam Masa Pandemi Covid-19.

Hutan De Jawatan di Kabupaten Banyuwangi menjadi pilihan wisatawan untuk menikmati hari liburBAGUS SUPRIADI/KOMPAS.COM Hutan De Jawatan di Kabupaten Banyuwangi menjadi pilihan wisatawan untuk menikmati hari libur

Sementara untuk perjalanan melalui jalur laut dengan pelayaran lokasi terbatas antar pulau atau pelabuhan domestik dalam satu wilayah, wisatawan tidak diwajibkan menggunakan rapid test antigen.

Bagi yang melakukan perjalanan menggunakan transportasi darat, baik itu pribadi atau umum, diimbau untuk menggunakan rapid test antigen paling lama 3x24 jam sebelum keberangkatan.

Pengisian e-HAC Indonesia pun wajib dilakukan bagi seluruh pelaku perjalanan melalui seluruh moda transportasi, kecuali kereta api.

Baca juga: Wisata De Djawatan Banyuwangi, Ada 805 Pohon Berumur 150 tahun

“Ke hotel kalau minta fasilitas test rapid antigen bisa, nanti diarahkan ke RS rujukan yang dituju Pemda Banyuwangi,” tutur Bram.

Berdasarkan data dari Covid19.go.id, Kamis (24/12/2020), sejumlah daerah di Indonesia memiliki risiko tinggi Covid-19 yang membuatnya masuk dalam zona merah.

Beberapa di antaranya adalah Kota Manado, Kota Kupang, Maluku Tenggara Barat, Minahasa, Kota Palangkaraya, Tuban, Kota Malang, Kediri, Brebes, Kota Magelang, dan Kota Surakarta.

Selanjutnya ada Wonogiri, Blora, Semarang, Karawang, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Kota Yogyakarta, Bantul, Jembaran, Badung, dan Gianyar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com