Kompas.com - 25/12/2020, 14:17 WIB
Sadengan, salah satu titik yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Taman Nasional Alas Purwo di Banyuwangi, Jawa Timur. ARSIP HUMAS PEMKAB BANYUWANGISadengan, salah satu titik yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Taman Nasional Alas Purwo di Banyuwangi, Jawa Timur.


KOMPAS.com – Kawasan Taman Nasional (TN) Alas Purwo ditutup sementara saat periode libur tahun baru 2021.

Seperti diumumkan dalam unggahan Instagram resmi TN Alas Purwo @tnalaspurwo, kawasan tersebut akan ditutup mulai 30 Desember 2020 – 2 Januari 2021.

“Benar. Penutupan dilakukan karena kunjungan wisatawan meningkat signifikan dan berpotensi terjadi penyebaran Covid-19,” kata Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I TN Alas Purwo Probo Wresni Adji pada Kompas.com, Kamis (24/12/2020).

Baca juga: 4 Wisata Alam di Banyuwangi, dari Kawah Ijen hingga Alas Purwo

Penutupan tersebut juga terdapat pula Surat Edaran (SE) Nomor: SE.08/T.38/TU-5/KSA.3.1/12/2020 tentang Penutupan Kunjungan Wisata ke Kawasan Taman Nasional Alas Purwo yang ditandatangani oleh Kepala Balai TN Alas Purwo Nuryadi.

Dalam SE yang diunggah dalam Instagram @tnalaspurwo tersebut, tertera bahwa penutupan tersebut dilakukan sehubungan dengan semakin meningkatnya jumlah kasus penularan Covid-19 di Kabupaten Banyuwangi, khususnya di sekitar desa penyangga TN Alas Purwo.

“Penutupan ini sudah kami koordinasikan dengan Satgas Covid-19 Banyuwangi, dan pada prinsipnya (mereka) mendukung,” terang Probo.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Wisata Banyuwangi Tak Hanya Kawah Ijen, Ada TN Alas Purwo

Probo berharap dengan ditutupnya Objek dan Daya Tarik Wisata Alam (ODTWA) pada kawasan TN Alas Purwo tersebut bisa menekan penyebaran Covid-19 sehingga status Banyuwangi bisa turun ke zona oranye atau kuning.

Penutupan TN Alas Purwo ini bisa jadi akan diperpanjang nantinya jika penyebaran Covid-19 masih belum bisa ditekan. Probo mengatakan pihaknya akan berdiskusi lebih lanjut soal itu dengan Satgas Covid-19 Banyuwangi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X