Kompas.com - 25/12/2020, 16:10 WIB
Gunung Gede Pangrango di Jawa Barat. shutterstock/Dede SudianaGunung Gede Pangrango di Jawa Barat.

KOMPAS.comTaman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) kembali menutup kegiatan pendakian mulai 28 Desember 2020 – 31 Januari 2021.

Berdasarkan keterangan dalam situs resmi TNGGP, penutupan sementara berdasarkan Surat Edaran 1483/BBTNGGP/Tek.P2/12/2020 tentang Penutupan Sementara Kegiatan Pendakian.

“Dalam rangka mengantisipasi cuaca yang ekstrim dan untuk pemulihan ekosistem di sepanjang jalur pendakian TNGGP, maka Balai Besar TNGGP (BBTNGGP) menyatakan kegiatan pendakian di TNGGP ditutup sementara untuk umum,” seperti tertera dalam SE yang ditanda tangani Kepala BBTNGGP Wahju Rudianto.

Baca juga: 8 Tips Mendaki Gunung Gede Pangrango di Musim Hujan, Waspada Angin

Apabila pada 1 Februari cuaca masih buruk berdasarkan prakiraan BMKG, penutupan akan diperpanjang hingga pendakian dirasa aman untuk dilakukan kembali.

TNGGP menegaskan, calon pendaki yang sudah melakukan pembayaran melalui proses pemesanan daring pada tanggal tersebut—jika masih ditutup—mereka diminta untuk menjadwal ulang pendakian.

Kenapa hanya ditutup satu bulan?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berdasarkan unggahan dalam Instagram @tn_gedepangrango, Rabu (23/12/2020), seorang pengguna Instagram @syamsudinidong mengatakan, biasanya TNGGP tutup selama tiga bulan setiap awal tahun.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.