Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Gede Pangrango Tutup Sebulan, Antisipasi Cuaca Ekstrem

Kompas.com - 25/12/2020, 16:10 WIB
Nabilla Ramadhian,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

KOMPAS.comTaman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) kembali menutup kegiatan pendakian mulai 28 Desember 2020 – 31 Januari 2021.

Berdasarkan keterangan dalam situs resmi TNGGP, penutupan sementara berdasarkan Surat Edaran 1483/BBTNGGP/Tek.P2/12/2020 tentang Penutupan Sementara Kegiatan Pendakian.

“Dalam rangka mengantisipasi cuaca yang ekstrim dan untuk pemulihan ekosistem di sepanjang jalur pendakian TNGGP, maka Balai Besar TNGGP (BBTNGGP) menyatakan kegiatan pendakian di TNGGP ditutup sementara untuk umum,” seperti tertera dalam SE yang ditanda tangani Kepala BBTNGGP Wahju Rudianto.

Baca juga: 8 Tips Mendaki Gunung Gede Pangrango di Musim Hujan, Waspada Angin

Apabila pada 1 Februari cuaca masih buruk berdasarkan prakiraan BMKG, penutupan akan diperpanjang hingga pendakian dirasa aman untuk dilakukan kembali.

TNGGP menegaskan, calon pendaki yang sudah melakukan pembayaran melalui proses pemesanan daring pada tanggal tersebut—jika masih ditutup—mereka diminta untuk menjadwal ulang pendakian.

Kenapa hanya ditutup satu bulan?

Berdasarkan unggahan dalam Instagram @tn_gedepangrango, Rabu (23/12/2020), seorang pengguna Instagram @syamsudinidong mengatakan, biasanya TNGGP tutup selama tiga bulan setiap awal tahun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com