Kompas.com - 25/12/2020, 21:01 WIB
Pulau Kelor di Kepulauan Seribu KOMPAS.com/HENDRA A SETYAWANPulau Kelor di Kepulauan Seribu

KOMPAS.com – Kepala Suku Dinas Parekraf Kepulauan Seribu Puji Astusi memastikan bahwa kawasan wisata Kepulauan Seribu untuk periode libur Natal dan Tahun Baru 2021 tidak ditutup.

Namun, akan ada pengawasan ketat dari pihak terkait yang dilakukan di Kepulauan Seribu saat periode libur natal dan tahun baru.

“Perlu pengawasan lebih ketat. Pengawasan gabungan dengan instansi terkait,” kata Puji saat dihubungi Kompas.com, Kamis (24/12/2020).

Baca juga: Jakarta PSBB Transisi, Wisata Kepulauan Seribu Buka Lagi dengan Protokol Kesehatan

Wisatawan yang berasal dari luar Jabodetabek juga wajib menyertakan surat keterangan hasil negatif Covid-19 rapid test antigen.

Mereka juga wajib melaksanakan protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

 

Pengawasan ketat di Kepulauan Seribu

Salah satu pengawasan lebih ketat yang dimaksud adalah pengawasan akses ke Kepulauan Seribu dari dermaga-dermaga keberangkatan.

Hal itu berdasarkan pada Surat Edaran (SE) Nomor 21 Tahun 2020 Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Laut selama Masa Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di Tengah Pandemi Covid 19.

Dalam SE tersebut, tercantum peraturan seperti pelaksanaan protokol kesehatan ketat yang harus dipatuhi penumpang transportasi laut, seperti memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer.

Tidung Lagoon, resort di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu.www.tidunglagoon.com Tidung Lagoon, resort di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu.

Tak hanya di dermaga keberangkatan menuju Kepulauan Seribu saja. Pengawasan ketat juga akan dilakukan di beberapa titik lainnya yang dianggap sebagai titik potensial kerumunan.

Baca juga: Semua Taman Kota di Jakarta Tutup Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.