Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Geblek Menoreh View di Kulon Progo, Angkringan dengan Panorama Sawah Instagramable

Kompas.com - 26/12/2020, 17:05 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Kulon Progo di Yogyakarta tak henti-hentinya menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan.

Pemandangan sawah hijau yang dibelah oleh jalur panjang menuju perbukitan yang mengelilinginya pun dapat membelalakkan mata.

Kendati demikian, hanya menikmati pemandangan alam saja rasanya kurang jika tidak sambil mencicipi hidangan khas Kulon Progo seperti geblek yang bisa didapatkan di Geblek Menoreh View.

Baca juga: Puncak Widosari Kulon Progo, Keindahan di Tengah Perbukitan Menoreh

“Temanya angkringan karena identik dengan Yogyakarta. Supaya orang dari daerah luar Yogyakarta saat ke Geblek Menoreh View bisa ngerasain ‘Jogja banget’,” kata Pemilik Geblek Menoreh View Rozan Andru Mustaqim kepada Kompas.com, Sabtu (26/12/2020).

Sementara untuk pemilihan lokasi, pandemi Covid-19 yang melanda membuat orang seperti berada di dalam penjara, sehingga masyarakat butuh udara sejuk.

Alhasil, tepi bentangan sawah hijau yang dikelilingi perbukitan dipilih sebagai lokasi angkringan kekinian tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Geblek Menoreh View ???? (@geblekmenorehview)

“Sebenarnya itu jalanan memang legendaris. Jadi RCTI pernah syuting di situ. Memang daerah itu bagus, tapi kurang dieksplorasi karena mungkin warga sekitar belum ngeh (punya tempat yang bagus),” jelas Rozan.

“Makanya kita bantu. Libatkan masyarakat untuk kelola parkir, keamanan, dan sebagainya. Kita juga beli bahan pokok seperti minyak di warga. Jadi saling menguntungkan,” sambungnya.

Lokasi makin ramai, warga setempat juga diuntungkan

Sebelumnya, Rozan menuturkan bahwa lokasi tersebut sudah ramai oleh warga Yogyakarta yang kagum akan pemandangan yang ditawarkan.

Kendati demikian, lokasi tersebut makin ramai karena pengunjung juga bisa istirahat sejenak sambil makan di angkringan kekinian Geblek Menoreh View.

“Menu nasi ada 10-15 macam nasi. Sate-satean banyak, utamanya geblek karena itu ikon Kulon Progo. Harganya dari Rp 1.000–Rp 8.000. Murah meriah biar orang datang bolak-balik,” ujar Rozan.

Tempat wisata di Yogyakarta - Angkringan kekinian Geblek Menoreh View di Kulon Progo, Yogyakarta.dok. Geblek Menoreh View Tempat wisata di Yogyakarta - Angkringan kekinian Geblek Menoreh View di Kulon Progo, Yogyakarta.

Beberapa menu yang tersedia selain nasi kucing dan geblek adalah bakwan, sate ati, sate usus, sate telur puyuh, tempe mendoan, dan pisang goreng.

Rozan mengungkapkan bahwa saat Geblek Menoreh View dibuka pada Selasa (22/12/2020), pihaknya menggratiskan makanan yang ada kepada masyarakat yang datang.

“Alhamdulillah hari pertama habis seribu porsi. Banyak yang doakan. Sampai sekarang sampai kursi habis terus,” ucapnya.

Baca juga: Pronosutan View Kulon Progo, Pesona Hamparan Sawah Bak Permadani Hijau

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com