Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandiaga Blusukan ke Bali, Pastikan Penerapan Protokol Kesehatan Ketat

Kompas.com - 27/12/2020, 16:25 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salaguddin Uno melakukan blusukan atau kunjungan kerja (kunker) ke Bali, Minggu (27/12/2020).

Kunjungan itu dilakukan untuk memastikan protokol kesehatan diterapkan dengan ketat dan maksimal di berbagai tempat wisata saat libur Natal dan Tahun Batu (Nataru).

“Ini blusukan. Kita bisa melihat langsung standar CHSE yang sudah diinisiasi yang memang harus di-chase dan cek implementasinya di lapangan,” kata Sandiaga dalam keterangan tertulis, Minggu (27/12/2020).

Peninjauan langsung ia lakukan di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar dengan melihat alur penumpang saat turun dari pesawat, mulai proses validasi formulir deklarasi kesehatan (E-HAC), pemeriksaan surat keterangan hasil PCR, sampai pengambilan bagasi.

Baca juga: Sandiaga: Urat Pesimis Sudah Putus, Saya Optimis Banget

Di area keberangkatan, Sandiaga turut meninjau calon penumpang yang tengah menjalani proses rapid test.

"Saya ingin melaporkan, kebetulan kita lihat dengan mata kepala sendiri proses penerapan protokol kesehatan yang hanya bertambah 3 detik dari keseluruhan tahapan yang mengacu pada protokol yang sudah ditetapkan,” ujar dia.

Menparekraf pun berharap kepatuhan para wisatawan Pulau Bali karena hal itu merupakan kepentingan bersama.

Baca juga: Ini Tiga Cara Sandiaga Uno Jalankan Arahan Presiden Jokowi

"Tentunya kita prihatin dengan pandemi Covid-19 ini. Arahan dari Presiden bahwa kita harus berbenah kita harus menyiapkan destinasi-destinasi wisata kita karena sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ini banyak sekali menyiapkan peluang kerja,” tutur Sandi.

Dampak pandemi Covid-19 yang membuat banyak masyarakat Bali mengalami situasi ekonomi yang sulit pun akan menjadi perhatian dan prioritas Kemenparekraf ke depan.

Rencana Sandiaga di Bali

Adapun, kunjungan Sandiaga Uno di Bali akan berlangsung sampai Senin (28/12/2020). Ia akan meninjau penerapan protokol kesehatan berbasis kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan (CHSE) di berbagai destinasi wisata Pulau Dewata.

Dia juga akan bertemu jajaran pemerintah daerah Bali, juga pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf).

Dalam pertemuan itu, Sandiaga akan berduskusi sekaligus meminta masukan dan apa saja kendala yang dihadapi guna mendapat strategi terbaik ke depan.

Dirinya pun optimistis dengan tanda-tanda kebangkitan pariwisata Bali yang mulai terlihat. Sejak Mei 2020, kedatangan pesawat ke sana mulai naik 10 kali lipat.

Menparekraf Sandiaga Uno saat mengecek penerapan protokol kesehatan di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Minggu (27/12/2020).Dok. Kemenparekraf Menparekraf Sandiaga Uno saat mengecek penerapan protokol kesehatan di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Minggu (27/12/2020).

“Wisatawan nusantara (wisnus) jumlahnya lebih banyak, bahkan naik lebih dari 30 kali lipat selama periode Mei-November 2020, baik melalui jalur darat maupun udara,” kata Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com