Kompas.com - 27/12/2020, 20:58 WIB

KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, dia sepakat dengan Gubernur Bali Wayan Koster untuk mengedepankan wisata bahari.

“Wisata bahari serta pariwisata yang berkelanjutan. Terutama mengenai permasalahan sampah, bagaimana kita bisa memastikan pariwisata ini jadi pariwisata yang berkelanjutan dan sehat,” kata dia dalam rekaman yang Kompas.com terima, Minggu (27/12/2020).

Baca juga: Sandiaga Blusukan ke Bali, Pastikan Penerapan Protokol Kesehatan Ketat

Hal tersebut Sandiaga sampaikan usai menjalankan rangkaian diskusi dengan Wayan Koster, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, dan Sekretaris Daerah Bali Dewa Made Indra.

Acara diskusi tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa dan beberapa pelaku sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf).

Saat ini, Koster melalui Sandiaga mengatakan bahwa pariwisata di Bali berbasis pada budaya dan kearifan lokal.

Kerja sama untuk atasi Covid-19

Selain kesepakatan untuk mengedepankan wisata bahari dan wisata berkelanjutan, Sandiaga menuturkan bahwa mereka akan bekerja sama dalam menangani Covid-19 di Pulau Dewata.

“Pak Gubernur menyampaikan bahwa fokus utama dari Pemprov Bali adalah memastikan bahwa Covid-19 ditekan dari jumlah kasus. Harapannya pak Gubernur kolaborasi dengan pemerintah pusat,” jelasnya.

Baca juga: Sandiaga Jelaskan Rencana Pengembangan Lima Destinasi Super Prioritas

Sandiaga melanjutkan, Covid-19 memberi dampak yang sangat luar biasa pada perekonomian sektor parekraf di Bali.

Maka dari itu, Koster menyampaikan melalui Sandiaga bahwa rantai penularan Covid-19 di Bali dipastikan harus putus dan diatasi.

“Kita juga sepakat akan berkolaborasi untuk di 2021 kita hadirkan satu kebijakan yang benar-benar berpihak ke sektor pariwisata,” sambung Sandiaga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.