Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menparekraf Sandiaga Uno: Bali Bakal Kedepankan Wisata Bahari

Kompas.com - 27/12/2020, 20:58 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, dia sepakat dengan Gubernur Bali Wayan Koster untuk mengedepankan wisata bahari.

“Wisata bahari serta pariwisata yang berkelanjutan. Terutama mengenai permasalahan sampah, bagaimana kita bisa memastikan pariwisata ini jadi pariwisata yang berkelanjutan dan sehat,” kata dia dalam rekaman yang Kompas.com terima, Minggu (27/12/2020).

Baca juga: Sandiaga Blusukan ke Bali, Pastikan Penerapan Protokol Kesehatan Ketat

Hal tersebut Sandiaga sampaikan usai menjalankan rangkaian diskusi dengan Wayan Koster, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, dan Sekretaris Daerah Bali Dewa Made Indra.

Acara diskusi tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa dan beberapa pelaku sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf).

Saat ini, Koster melalui Sandiaga mengatakan bahwa pariwisata di Bali berbasis pada budaya dan kearifan lokal.

Kerja sama untuk atasi Covid-19

Selain kesepakatan untuk mengedepankan wisata bahari dan wisata berkelanjutan, Sandiaga menuturkan bahwa mereka akan bekerja sama dalam menangani Covid-19 di Pulau Dewata.

“Pak Gubernur menyampaikan bahwa fokus utama dari Pemprov Bali adalah memastikan bahwa Covid-19 ditekan dari jumlah kasus. Harapannya pak Gubernur kolaborasi dengan pemerintah pusat,” jelasnya.

Baca juga: Sandiaga Jelaskan Rencana Pengembangan Lima Destinasi Super Prioritas

Sandiaga melanjutkan, Covid-19 memberi dampak yang sangat luar biasa pada perekonomian sektor parekraf di Bali.

Maka dari itu, Koster menyampaikan melalui Sandiaga bahwa rantai penularan Covid-19 di Bali dipastikan harus putus dan diatasi.

“Kita juga sepakat akan berkolaborasi untuk di 2021 kita hadirkan satu kebijakan yang benar-benar berpihak ke sektor pariwisata,” sambung Sandiaga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com