Batu Love Garden, Wisata Terbaru dengan 600 Jenis Bunga

Kompas.com - 28/12/2020, 07:07 WIB
Suasana di Batu Love Garden (Baloga) Kota Batu yang baru dibuka, Sabtu (26/12/2020) KOMPAS.COM/ANDI HARTIKSuasana di Batu Love Garden (Baloga) Kota Batu yang baru dibuka, Sabtu (26/12/2020)

MALANG, KOMPAS.com - Jawa Timur Park Group menambah wahana baru, yakni Batu Love Garden atau disingkat Baloga. Tempat wisata ini telah dibuka untuk menyambut wisatawan saat libur akhir tahun 2020.

Baloga menyimpan beragam jenis bunga, buah, dan sayur. Jika kondisi cerah, wisatawan bisa menikmati lokasi itu dengan latar belakang Gunung Arjuno.

Direktur Utama Batu Love Garden, Kota Batu Isa Mei Wahyuni mengatakan, wahana wisata itu mengusung konsep taman bunga.

Baca juga: 71 Hotel dan Tempat Wisata di Kota Batu yang Boleh Buka

"Konsepnya adalah taman bunga. Kami ingin mengangkat seluruh tanaman bunga, baik yang ada di Indonesia dan negara lain ke dalam berbagai bentuk," kata dia, Sabtu (26/12/2020).

Batu Love Garden dibangun di atas lahan seluas 7 hektar di Jalan Raya Pandanrejo nomor 91, Kota Batu dengan kapasitas 1.500 orang wisatawan.

Tempat wisata itu dikemas indoor dan outdoor. Untuk wahana indoor, bunga yang disajikan adalah repelika. Sedangkan wahana outdoor dipenuhi tanaman bunga yang ditampilkan dalam beragam bentuk.

Suasana di Batu Love Garden (Baloga) Kota Batu yang baru dibuka, Sabtu (26/12/2020)KOMPAS.COM/ANDI HARTIK Suasana di Batu Love Garden (Baloga) Kota Batu yang baru dibuka, Sabtu (26/12/2020)

Bunga beragam jenis itu ditanam di dalam pot lalu diletakkan dan ditata di dalam kerangka yang sudah dibuat dalam beragam bentuk.

Mei mengatakan, terdapat 600 jenis bunga di lokasi itu. 30 persen dari macam-macam jenis bunga itu berasal dari luar negeri, seperti jenis bunga petunia yang didatangkan dari Amerika Serikat.

"Kita sudah ada tim yang mengerti tentang bunga. Sudah kami atur sistemnya supaya secara estetika tetap tampil bagus dan secara perawatan tetap bisa segar," imbuh dia.

Operasional Manager Batu Love Garden (Baloga) Yusuf Indrahermawan Jufri mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan peneliti dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Universitas Brawijaya (UB) dan Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro).

Baca juga: Syarat Liburan ke Kota Malang, Wajib Rapid Test Antigen atau Antibodi

Amanda Aurellia (21), wisatawan yang juga merupakan mahasiswa di Universitas Bina Nusantara (Binus) Kota Malang mengaku senang dengan beragam bunga di lokasi itu.

"Bunganya bagus-bagus, macam-macam, beragam lah. Terus ada sayur hidroponik dan buah," katanya.

Batu Love Garden buka pukul 08.30-16.30 WIB. Harga tiket masuk Rp 60.000 untuk weekdays dan Rp 80.000 untuk weekend.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X