Kompas.com - 28/12/2020, 16:04 WIB
Waduk Rowo Jombor di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYAWaduk Rowo Jombor di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten resmi melarang perayaan Malam Tahun Baru 2021.

Hal tersebut tertera dalam Surat Edaran (SE) Nomor: 556/753/13 yang diterbitkan oleh Sekretariat Daerah Kabupaten Klaten tentang Antisipasi Peningkatan Covid-19 di Daerah yang ditandatangani Sekretaris Daerah Kabupaten Klaten Jaka Sawaldi.

SE tersebut diterbitkan sebagai tindak lanjut Instruksi Gubernur No. 2 Tahun 2020, Edaran Gubernur Jawa Tengah Nomor: 443/0017480, dan SE Kepala Disporapar Jawa Tengah Nomor 556/3333.

“Iya betul (ditiadakan), sesuai edaran tersebut,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Klaten Sri Nugroho ketika dikonfirmasi Kompas.com melalui pesan singkat, Senin (28/12/2020).

Baca juga: 7 Tempat Wisata di Klaten yang Tutup Akibat Gunung Merapi Siaga

Berikut ini beberapa poin SE yang sudah dirangkum Kompas.com:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Kegiatan Perayaan Malam Tahun Baru 2021 ditiadakan.
  • Pengelola hotel dan usaha jasa akomodasi lain harus melaksanakan protokol kesehatan secara ketat dan selektif dalam melaksanakan pelayanan jasa akomodasi kepada masyarakat.
  • Pelaksanaan kegiatan indoor tetap mengacu kepada Surat Gubernur Jawa Tengah 443/0011492, bahwa kegiatan yang berpotensi mengakibatkan kerumunan lebih dari 50 orang wajib berkoordinasi dan memperoleh izin dari aparat keamanan setempat.
  • Protokol kesehatan untuk kegiatan yang dihadiri lebih dari 50 orang agar diatur secara ketat dengan pemeriksaan rapid test, test swab PCR, jaga jarak, dan disinfektan tempat layanan umum.
  • Bagi pengelola obyek wisata, rumah makan, atau kafe, tidak diperbolehkan menggelar panggung hiburan dan sejenisnya.
  • Pendirian panggung-panggung hiburan di sepanjang jalan raya, dalam rangka perayaan Malam Tahun Baru 2021 dilarang atau ditiadakan.
  • Apabila ditemukan pelanggaran 3M, terutama kerumunan massa, akan ditutup sementara guna evaluasi lebih lanjut.
  • Jajaran TNI, Polri, Satpol PP di masing-masing wilayah telah ditugasi untuk melaksanakan kegiatan patroli sidak secara rutin dan diberikan kewenangan untuk menghentikan kegiatan apabila ditemui terjadinya pelanggaran ketentuan protokol kesehatan dan kebijakan pemerintah daerah.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.