Kompas.com - 28/12/2020, 17:05 WIB
Kawasan Puncak Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunungkidul, Yogyakarta KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYAKawasan Puncak Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunungkidul, Yogyakarta

KOMPAS.com – Desa Wisata Nglanggeran dipastikan tutup pada malam Tahun Baru 2021, Kamis (31/12/2020)–Jumat (1/1/2021). Sebelumnya, Desa Wisata Nglanggeran juga sempat tutup untuk malam Natal 25 Desember 2020.

“Iya benar. Untuk malam tahun baru destinasi wisata kami tutup karena mengikuti SOP (standard operation procedure) yang kami miliki,” kata Pengelola Desa Wisata Nglanggeran Sugeng Handoko kepada Kompas.com, Senin (28/12/2020).

Hal tersebut dilakukan pengelola berdasarkan Surat Edaran (SE) Nomor: 443/1377 yang diterbitkan Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul.

Tertera dalam SE tersebut salah satunya bahwa pengelola tempat wisata diimbau menjaga kewaspadaan dan tidak lengah selama liburan sebagai antisipasi terjadinya kasus setelah libur panjang.

Baca juga: Wisatawan Tidak Bisa Menginap di Gunung Api Purba Nglanggeran Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Penutupan juga diumumkan pengelola Desa Wisata Nglanggeran melalui akun resmi Instagram @gunungapipurba.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk periode tersebut, semua tempat wisata yang ada di kawasan Desa Wisata Nglanggeran akan ditutup, yakni Gunung Api Purba, Embung Nglanggeran, Air Terjun Kedung Kandang, dan Kampung Pitu.

Dengan menutup tempat wisata, pengelola juga melarang adanya kegiatan apa pun, termasuk perayaan Tahun Baru 2021.

Siang hari tetap buka

Walaupun tutup saat malam Tahun Baru, Desa Wisata Nglanggeran tetap akan membuka operasionalnya pada siang hari, Kamis (31/12/2020) dan Jumat (1/1/2021).

Kawasan Gunung Api Purba Dilihat dari Embung Nglanggeran, Gunungkidul.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Kawasan Gunung Api Purba Dilihat dari Embung Nglanggeran, Gunungkidul.

Setelah Malam Tahun Baru, kawasan wisata tetap buka sesuai jam operasional biasa, yakni Selasa–Jumat pukul 08.00-18.00 WIB. Sementara untuk Sabtu–Minggu buka 24 jam. Setiap Senin, desa wisata selalu tutup kecuali tanggal 28 Desember 2020.

Pada periode tersebut, destinasi tetap buka sesuai dengan Surat Pemberitahuan Perpanjangan Uji Coba Terabtas SOP Protokol Kesehatan di Bidang Pariwisata dari Dinas Pariwisata Gunungkidul No. 556/1378.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.