Kompas.com - 29/12/2020, 12:50 WIB

BANTUL,KOMPAS.com - Para periode libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru), Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Yogyakarta, membatasi operasional kawasan wisata.

Kepala Seksi Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Markus Purnomo Adi menyampaikan, pihaknya langsung mengambil kebijakan melakukan pembatasan jam kunjung wisatawan ke semua destinasi wisata sesuai instruksi gubernur.

Namun demikian, wewenang penutupan akses masuk merupakan ranah dari kepolisian dan Dinas Perhubungan.

Adapun oleh Pemda atau ada retribusi wisatawan untuk pemerintah, maka operasionalnya ditentukan mulai pukul 05.00-18.00 WIB. 

Baca juga: Rute Terbaru Bus DAMRI Bantul-Bandara YIA Yogyakarta, Catat Jadwalnya

 

"Operasional artinya penarikan retribusinya. Penutupan jalannya wewenang dari kepolisian dan Dinas Perhubungan," kata Markus saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (29/12/2020).

Ia melanjutkan, kepolisian dan Dinas Perhubungan-lah yang berwenang melarang wisatawan masuk kawasan wisata.

Disinggung mengenai jumlah wisata sejak 24-28 Desember 2020 kunjungan mencapai 45.365 orang. Pihaknya mengakui ada penurunan jumlah kunjungan wisatawan tahun ini.

Wisata yang dikelola masyarakat ikuti instruksi gubernur

Sementara itu, kawasan wisata yang dikelola masyarakat pun menyesuaikan dengan surat edaran gubernur.

Salah satu contohnya adalah Koperasi Notowono yang membawahi kawasan wisata di Kelurahan Mangunan.

Foto malam di Seribu Batu Songgo Langit, Yogyakarta.INSTAGRAM.com/FOLK.JOGJA Foto malam di Seribu Batu Songgo Langit, Yogyakarta.

 

Ketua Koperasi Notowono Purwo Harsono mengatakan, selama libur Natal dan tahun baru operasional kawaaan hutan pinus hanya sampai pukul 22.00 WIB.

"Kami mengikuti instruksi dari gubernur, mas," kata Purwo.

Baca juga: Indahnya Suasana Malam di Seribu Batu Songgo Langit Yogyakarta

Diakuinya selama libur Natal tahun ini ada penurunan 66 persen dibandingkan tahun lalu. Adapun datanya dari tanggal 21 Desember sampai 26 Desember tahun 2019 lalu jumlah kunjungan mencapai 97.700 orang, untuk tahun 2020 hanya 33.577 orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.