Wisata Kebun Teh Cikuya Lebak, Pernah Sabet Gelar Teh Terbaik di Dunia

Kompas.com - 29/12/2020, 18:09 WIB
Suasana Kebun Teh Cikuya di Desa Hegarmanah, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten yang pernah mendapat juara teh terbaik di dunia, Minggu (27/12/2020) KOMPAS.COM/ACEP NAZMUDINSuasana Kebun Teh Cikuya di Desa Hegarmanah, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten yang pernah mendapat juara teh terbaik di dunia, Minggu (27/12/2020)

LEBAK, KOMPAS.com - Provinsi Banten punya ragam daya tarik wisata, salah satunya adalah kawasan kebun teh.

Kawasan kebun teh tersebut belum banyak diketahui orang lantaran letaknya tersembunyi di balik perbukitan yang berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).

Kebun teh yang dikelola oleh PT Harendong Green Farm ini mulai digarap pada tahun 2006.

Kawasan ini tergolong baru, namun kualitasnya sudah diakui dunia dengan menyabet gelar sebagai teh terbaik dunia.

"Tahun 2015 juara satu dunia teh kategori teh oolong, dan 2018 juara dua untuk teh oolong dan teh merah," kata Manajer Harendong Green Farm, Apau, ditemui di Kebun Teh Cikuya, Minggu (27/12/2020).

Baca juga: Banten Punya Tempat Wisata Petualangan, Salah Satunya Ujung Kulon

Gelar juara itu didapatkan pada ajang kompetisi teh bergengsi dunia yakni Global Tea Championship. Kedua ajang tersebut digelar di Amerika Serikat.

Kebun teh ini dikenal dengan nama Cikuya, sesuai nama tempatnya di Kampung Cikuya, Desa Hegarmanah, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten.

Kawasan kebun teh ini berada di dataran tinggi, di atas 700 meter di atas permukaan laut (Mdpl). Luas lahan yang sudah digarap sekitar 30 hektare.

Apau mengatakan teh yang ditanam di kawasan ini merupakan jenis Camellia Sinesis, salah satu jenis teh mahal serta berkualitas tinggi.

Baca juga: 9 Wisata Religi Banten, Kampung Halaman Maruf Amin

Suasana Kebun Teh Cikuya di Desa Hegarmanah, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten yang pernah mendapat juara teh terbaik di dunia, Minggu (27/12/2020)KOMPAS.COM/ACEP NAZMUDIN Suasana Kebun Teh Cikuya di Desa Hegarmanah, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten yang pernah mendapat juara teh terbaik di dunia, Minggu (27/12/2020)
Teh jenis ini, kata dia, tidak banyak ditanam di Indonesia, selain di Banten hanya ada di Bangkulu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X