Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/12/2020, 19:18 WIB


KOMPAS.com – Kepala Dinas Pemuda, Olahrga, dan Pariwisata (Dinporapar) Pacitan Andi Faliandra mengimbau wisatawan untuk tetap hadir dan berlibur ke Pacitan di masa libur tahun baru 2021.

“Ayo main di Pacitan di akhir tahun, membuat kenangan akhir yang indah di Kabupaten Pacitan dengan wisata alamnya,” kata Andi ketika dihubungi Kompas.com, Senin (28/12/2020).

Untuk periode libur akhir tahun, Kabupaten Pacitan dipastikan tetap membuka semua tempat wisata yang ada di sana. Tidak ada penutupan kawasan wisata untuk periode tersebut.

Andi memastikan bahwa protokol kesehatan yang diterapkan oleh para pelaku usaha pariwisata di Kabupaten Pacitan sudah sangat ketat. Keketatan tersebut dipantau dengan seksama oleh Satgas Covid-19 Kabupaten Pacitan.

Baca juga: Syarat Wisata ke Pacitan, Wajib Rapid Antibodi Jika Menginap

“Walaupun Pacitan itu dari sisi jumlah pasien kita nomor enam terbawah ya sebenarnya. Masih kecil, tapi jangan lengah. Kita memberikan pelayanan yang baik tapi menjamin kesehatan bagi orang-orang yang hadir, dan menjamin kesehatan kita yang melayani,” tutur Andi.

Target wisatawan akhir tahun

Terkait target wisatawan di tahun baru, Andi mengaku tak berani menetapkan target jumlah pasti wisatawan. Pasalnya, Pemkab Pacitan hingga kini belum berhasil mencapai target pendapatan di bidang pariwisata selama satu tahun yang sudah ditetapkan.

Sebelum pandemi, Pemkab Pacitan menargetkan pendapatan sebesar Rp 16,6 milyar. Namun akibat Covid-19, target pun diturunkan menjadi Rp 7,4 milyar.

Seruling Samudera Pantai Klayar Pacitan.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Seruling Samudera Pantai Klayar Pacitan.

Namun seiring berjalannya waktu, pendapatan yang diperoleh Pemkab Pacitan dari bidang pariwisata baru mencapai Rp 5,2 milyar. Masih cukup jauh di bawah target.

“Kita pahami juga objek wisata itu biasanya diikuti dengan kegiatan-kegiatan atraksi pariwisata. Seperti di tahun 2019 itu kami over (target). Tahun ini kita enggak bisa lakukan itu. Kalender event pariwisata kita tahun ini amburadul,” jelas Andi.

Berharap okupansi hotel di atas 60 persen

Namun sejauh ini, Andi merasa cukup optimis dengan target wisatawan di libur tahun baru. Pasalnya, hingga kini belum terjadi pembatalan pemesanan hotel atau pun tempat wisata di Kabupaten Pacitan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+