Kompas.com - 29/12/2020, 20:20 WIB


KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjarnegara berencana akan membuka pilihan wisata malam di objek wisata Kawah Sikidang, Dieng.

“Baru rencana dan masih lama waktunya. Kemungkinan (buka) Agustus 2021,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara Agung Yusianto ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (29/12/2020).

Rencana pembukaan wisata malam di Kawah Sikidang ini merupakan salah satu langkah inovasi dari Pemkab Banjarnegara.

“Intinya mengelola pariwisata perlu inovasi yang mengandung unsur sensasi. Sehingga wisatawan bisa menikmati kawah dengan aroma belerang di sekelilingnya ada pancaran cahaya lampu yang redup dan warna-warni,” jelas Agung.

Baca juga: Berwisata ke Kawah Sikidang

Nantinya, konsep wisata malam yang sedang dipersiapkan ini akan berupa paket-paket wisata.
Dalam paket-paket tersebut, wisatawan akan diajak makan malam di restoran yang ada di objek wisata Kawah Sikidang. Setelahnya, akan ada tur berkeliling Kawah Sikidang.

Selain konsep paket wisata, belum ada informasi lebih lanjut yang bisa dibagikan Agung terkait rencana wisata malam tersebut. Termasuk soal harga, belum ada perencanaan lebih lanjut dari Pemkab Banjarnegara.

Baca juga: Mau Liburan ke Dieng? Tes Rapid Antigen Dulu...

Sebelumnya, Pemkab Banjarnegara juga sudah memberi inovasi baru pada Kawah Sikidang. Seperti dilansir dari Tribun Jateng, Pemkab Banjarnegara menambahkan jalan papan (boardwalk) sebagai magnet baru untuk wisatawan sejak awal Desember 2020 silam.

Pengunjung bisa menikmati sensasi berjalan di atas jembatan kayu yang memanjang dan berkelok. Sambil berjalan di atas jembatan kayu, pengunjung juga bisa sekaligus berfoto dengan latar belakang keindahan Kawah Sikidang.

Kini, Kawah Sikidang masih tetap bisa dikunjungi dengan jam operasional normal, yakni setiap hari pukul 07.00-17.00 WIB dengan harga tiket Rp 15.000.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.