Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawah Sikidang Dieng Akan Buka Wisata Malam

Kompas.com - 29/12/2020, 20:20 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjarnegara berencana akan membuka pilihan wisata malam di objek wisata Kawah Sikidang, Dieng.

“Baru rencana dan masih lama waktunya. Kemungkinan (buka) Agustus 2021,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara Agung Yusianto ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (29/12/2020).

Rencana pembukaan wisata malam di Kawah Sikidang ini merupakan salah satu langkah inovasi dari Pemkab Banjarnegara.

“Intinya mengelola pariwisata perlu inovasi yang mengandung unsur sensasi. Sehingga wisatawan bisa menikmati kawah dengan aroma belerang di sekelilingnya ada pancaran cahaya lampu yang redup dan warna-warni,” jelas Agung.

Baca juga: Berwisata ke Kawah Sikidang

Nantinya, konsep wisata malam yang sedang dipersiapkan ini akan berupa paket-paket wisata.
Dalam paket-paket tersebut, wisatawan akan diajak makan malam di restoran yang ada di objek wisata Kawah Sikidang. Setelahnya, akan ada tur berkeliling Kawah Sikidang.

Selain konsep paket wisata, belum ada informasi lebih lanjut yang bisa dibagikan Agung terkait rencana wisata malam tersebut. Termasuk soal harga, belum ada perencanaan lebih lanjut dari Pemkab Banjarnegara.

Baca juga: Mau Liburan ke Dieng? Tes Rapid Antigen Dulu...

Sebelumnya, Pemkab Banjarnegara juga sudah memberi inovasi baru pada Kawah Sikidang. Seperti dilansir dari Tribun Jateng, Pemkab Banjarnegara menambahkan jalan papan (boardwalk) sebagai magnet baru untuk wisatawan sejak awal Desember 2020 silam.

Pengunjung bisa menikmati sensasi berjalan di atas jembatan kayu yang memanjang dan berkelok. Sambil berjalan di atas jembatan kayu, pengunjung juga bisa sekaligus berfoto dengan latar belakang keindahan Kawah Sikidang.

Kini, Kawah Sikidang masih tetap bisa dikunjungi dengan jam operasional normal, yakni setiap hari pukul 07.00-17.00 WIB dengan harga tiket Rp 15.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com