Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seluruh Tempat Wisata di Banyuwangi Tutup pada 31 Desember 2020

Kompas.com - 30/12/2020, 22:00 WIB
Nabilla Ramadhian,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten Banyuwangi melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata mengumumkan bahwa seluruh tempat wisata akan ditutup mulai 31 Desember 2020 – 3 Januari 2021.

“Demi keamanan dan kenyamanan bersama, dalam konsistensi penerapan protokoler kesehatan Covid 19, maka seluruh destinasi wisata Banyuwangi sementara ditutup,” seperti tertera dalam unggahan akun Instagram @banyuwangi_tourism, Selasa (29/12/2020).

Berdasarkan pantauan Kompas.com, Rabu (30/12/2020), penutupan tersebut dilakukan guna mencegah penyebaran Covid-19 selama libur Tahun Baru.

Baca juga: 7 Protokol Kesehatan di Banyuwangi yang Bisa Ditiru, Ada Denda Rp 100.000

Adapun, penutupan seluruh tempat wisata di Banyuwangi juga mencakup Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen dan Taman Nasional (TN) Alas Purwo.

Kendati demikian, khusus untuk TN Alas Purwo, menurut unggahan akun tersebut pada Rabu, tempat wisata tersebut tutup mulai hari ini.

Meski begitu, keduanya sama-sama ditutup untuk keasrian lingkungan yang untuk sementara waktu akan terhindar dari manusia.

“TWA Kawah Ijen ditutup sementara untuk memberikan ruang bernafas bagi alam dari kerumunan manusia serta sebagai upaya evaluasi penerapan protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) di sekitar kawasan TWA Kawah Ijen,” tulis akun @banyuwangi_tourism.

Baca juga: Wisata De Djawatan Banyuwangi, Ada 805 Pohon Berumur 150 tahun

Tidak hanya itu, penutupan seluruh tempat wisata juga tertera dalam Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Banyuwangi Nomor 210/SE/STPC/2020.

SE Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Banyuwangi tentang Pengendalian Kegiatan Masyarakat Dalam Rangka Pencegahan ovid-19 Pada Masa Libur Tahun Baru 2021.

Berdasarkan unggahan dalam Instagram tersebut, SE telah ditanda tangani oleh Bupati Kabupaten Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Kepala Kepolisian Resor Kota Banyuwangi Arman Asmara Syarifuddin, dan Komandan Komando Distrik Militer 0825 Banyuwangi Yuli Eko Purwanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com