Protokol Kesehatan Standar Global, Bandara AP I Dapat Stempel dari WTTC

Kompas.com - 31/12/2020, 14:02 WIB
Proses layanan rapid test antigen di Bandara I Gusti Ngurah Rai Dok. Bandara I Gusti Ngurah RaiProses layanan rapid test antigen di Bandara I Gusti Ngurah Rai

KOMPAS.com - Direktur Utama PT Angkasa Pura I (AP I) Faik Fahmi mengatakan bahwa 15 bandara yang dikelola AP I telah diberikan stempel Safe Travels dari World Travel and Tourism Council (WTTC).

“Memang protokol kesehatan yang dilakukan oleh AP I sebenarnya sudah sesuai dengan standar global. Travel stamp artinya adalah bahwa pelaksanaan protokol kesehatan penuhi standar internasional,” jelasnya.

Pernyataan tersebut Faik tuturkan dalam konferensi pers virtual “Update Angkutan Nataru 2020-2021”, Rabu (30/12/2020).

Baca juga: 3 Bandara AP I yang Angkut Penumpang Paling Banyak pada Libur Akhir Tahun

Terkait penerapan protokol kesehatan, Faik mengungkapkan bahwa bandara-bandara yang dikelola AP I melakukannya lebih baik dari beberapa bandara internasional lainnya.

Hal itu karena pihaknya melakukan sejumlah prinsip dalam penerapan protokol kesehatan.

“Pertama, pastikan bahwa protokol kesehatan dilaksanakan dengan baik. Mulai dari jaga jarak, hand sanitizer, disinfektan rutin, dan airport personnel protection,” ujar Faik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bandara Sam Ratulangi Manado melakukan pembersihan fasilitas dan disemprotkan desinfektanDok. Humas Bandara Sam Ratulangi Manado Bandara Sam Ratulangi Manado melakukan pembersihan fasilitas dan disemprotkan desinfektan

Adapun, pihaknya selalu memastikan bahwa seluruh petugas bandara dilindungi, mulai dari wajib memakai masker, sarung tangan, hingga penutup wajah.

Dengan terlindungnya para petugas bandara AP I, hal itu menurut Faik juga melindungi para pengunjung di bandara dari paparan Covid-19.

Ada juga adaptasi pelayanan yang membuat 14 dari 15 bandara AP I menawarkan pemeriksaan kesehatan, seperti rapid test antibodi, rapid test antigen, dan swab PCR.

“Sudah siap di 14 bandara. Sejauh ini sudah berjalan dengan baik. Ketika ada ketentuan baru, kita langsung aksi paling cepat siapkan pemeriksaan kesehatan berbasis antigen,” sambung Faik.

Baca juga: Bandara Changi Singapura Ingin Jadi Penyimpanan Vaksin Covid-19, Bagaimana dengan Indonesia?

Penyematan stempel Safe Travels dari WTTC diberikan usai Angkasa Pura Airports mengirim protokol kesehatan bandara kepada WTTC sebelum dilakukan penilaian lebih lanjut.

Dengan adanya stempel tersebut, masyarakat tidak perlu khawatir untuk bepergian melalui bandara-bandara yang dikelola AP I selama new normal.

WTTC merupakan forum industri perjalanan dan pariwisata global nirlaba yang mencakup para pelaku industri dari seluruh dunia.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.