Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Kelas di Pesawat: Pelayanan, Harga hingga Jenis Kursi

Kompas.com - 01/01/2021, 19:50 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Bagi kamu yang masih awam, mungkin akan sedikit bingung mengenai perbedaan kelas-kelas yang ada di pesawat.

Biasanya, pesawat memiliki beberapa jenis kelas yang tersedia. Mulai dari kelas premium semacam first class dan business class, hingga yang paling umum yakni kelas ekonomi.

Sebenarnya apa saja hal yang jadi pembeda di antara kelas-kelas tersebut? Award Winning Aviation Enthusiast Tantra Tobing menjelaskannya.

Baca juga: Unik, Kelinci Ini Naik Kelas Bisnis Penerbangan San Fransisco-Jepang

Tantra sendiri terkenal sebagai pencinta dunia aviasi yang sering terbang menggunakan first class dan business class menggunakan banyak maskapai penerbangan. Ia bahkan mengaku bahwa telah mencoba terbang dengan 50 maskapai penerbangan berbeda.

“Kalau bedanya itu sudah pasti di pengalaman. Pengalaman pas tiba di airport itu kalau business class dan first class saja beda,” kata Tantra ketika dihubungi Kompas.com, Senin (28/12/2020).

Kabin first class EtihadDok. Etihad Kabin first class Etihad

First Class

Biasanya, maskapai penerbangan sudah menyediakan pelayanan prima untuk para penumpang first class. Ketika sampai di bandara, ada beberapa maskapai penerbangan yang menyediakan pelayan khusus untuk penumpang first class.

Mulai dari memandu proses check in, menunggu di lounge, hingga membawakan tas penumpang. Ia akan menemani penumpang terus dari bandara hingga masuk ke dalam pesawat.

Para penumpang first class juga akan mendapatkan pelayanan lebih premium dalam hal makanan dan minuman.

“Biasanya di lounge itu sudah dipisah antara business class sama first class. First class sudah pasti lebih privat. Terus pilihan makanan dan minumannya lebih banyak,” papar Tantra.

Tak itu saja, furnitur yang digunakan untuk tempat duduk pun akan jauh berbeda dari business class dan economy class. Furnitur yang digunakan memiliki kualitas yang jauh lebih tinggi.

Baca juga: 10 Fasilitas Mewah yang Bisa Didapat saat Terbang di Kelas Ekonomi

Misalnya, kulit kursi atau kayu yang digunakan untuk kursi first class adalah bahan yang biasa digunakan juga untuk membuat mobil-mobil mewah seperti merk Porsche atau Rolls Royce.

“Kalau di first class itu mereka menggandeng product designer yang biasanya untuk mobil sport atau yang biasa membuat kapal yacht gitu. Benar-benar premium top quality kalau di first class,” jelas Tantra.

Pelayanan dari kru kabin untuk first class juga jauh berbeda. Biasanya para kabin kru sudah akan mencari tahu mengenai penumpang di first class. Mulai dari wajahnya, nama, bahkan hingga kesukaan masing-masing.

Tujuannya agar mereka bisa melayani para penumpang dengan lebih personal. Hal tersebut lebih mudah dilakukan karena jumlah penumpang first class biasanya sangat sedikit, sekitar 5-10 orang per pesawat.

“Itu juga jarang banget penuh dan kalau saya naik first class sering jadi satu-satunya penumpang. Jadi benar-benar kayak kabinnya kosong, ada kabin kru bisa dapat 203 orang gitu buat nguruasin saya pas terbang.”

Hal yang sama juga berlaku untuk layanan makanan. Makanan untuk penumpang first class biasanya dikerjakan oleh chef terkenal.

Pihak maskapai penerbangan sengaja memberikan kesan bahwa makanan yang mereka sajikan di pesawat sekelas dengan hotel atau restoran ternama.

Harga untuk tiket first class biasanya berkisar antara 5-10 kali lipat dari kelas ekonomi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com