Kompas.com - 01/01/2021, 22:00 WIB
Pesawat jenis A 330-300 Thai Airways. airplane picturesPesawat jenis A 330-300 Thai Airways.


KOMPAS.com – Award Winning Aviation Enthusiast Tantra Tobing membocorkan lima maskapai penerbangan dunia yang ia nilai jadi yang terbaik berdasarkan pengalamannya selama ini.

Ia sendiri dikenal sebagai pencinta dunia aviasi yang sudah pernah mencoba lebih dari 50 maskapai penerbangan di dunia.

Menurut Tantra, ada beberapa kriteria khusus yang membuat kelimat maskapai penerbangan ini jadi begitu berkesan di antara maskapai-maskapai lain yang pernah ia coba.

Baca juga: Thailand Kerja Sama dengan Tinder, Bantu Jomblo Cari Cinta

“Jadi penilaiannya ada beberapa kriteria. Karena prosesnya panjang kan, mulai dari beli tiket sampai di bandara mau check in, terus tempat tunggunya, mau boarding. Pokoknya semua pengalaman yang terkait saat terbang,” kata Tantra ketika dihubungi Kompas.com, Senin (28/12/2020).

“Jadi enggak cuman saat terbang di udara saja tapi juga terkait dengan sebelum masuk dan setelah keluar pesawat. Karena bisa saja pas di pesawat pengalamannya bagus, pas landing tiba-tiba kacau. Itu kan merusak the whole experience,” sambung dia.

Lounge milik Thai Airways di Bandara PhuketDok. Thai Airways Lounge milik Thai Airways di Bandara Phuket

1. Thai Airways

Di posisi pertama ada Thai Airways. Maskapai penerbangan asal Thailand ini jadi nomor satu di daftar Tantra karena berbagai faktor. Beberapa di antaranya adalah soal sajian makanannya hingga seragam para kru kabin yang bertugas.

Seragam yang digunakan kabin kru Thai Airways punya warna-warna yang berbeda satu sama lain.

“Jadi seragamnya yang cewek itu mereka pakai pakaian tradisional mereka, itu warna-warni. Jadi kalau difoto itu bagus banget. Warnanya ada macam-macam lah,” imbuh Tantra.

Ia membandingkannya dengan maskapai penerbangan lain yang biasanya hanya memiliki 1-2 jenis seragam

Tak itu saja, pelayanan Thai Airways pun ia rasakan begitu spesial. Jika menggunakan business class atau first class, jika kebetulan berangkat dari bandara di Bangkok maka akan mendapatkan pelayanan fast track.

Tak kalah penting, ada pula layanan spesial untuk penumpang business class dan first class di lounge milik Thai Airways yang ada di Bangkok. Tersedia complimentary spa yang bisa digunakan oleh penumpang untuk mengisi waktu sebelum keberangkatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X