Kompas.com - 02/01/2021, 11:14 WIB
Ilustrasi: Kendaraan yang akan menyeberang ke Bali menunggu antrean masuk ke kapal  di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (24/12/2019). ANTARA FOTO/BUDI CANDRA SETYAIlustrasi: Kendaraan yang akan menyeberang ke Bali menunggu antrean masuk ke kapal di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (24/12/2019).

KOMPAS.com – Wisatawan yang bepergian naik kendaraan pribadi menuju Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) kini bisa langsung menyeberang dari Banyuwangi, Jawa Timur.

Itu karena PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mulai Sabtu (26/12/2020) melayani jasa penyeberangan feri jarak jauh (long distance ferry atau LDF) Banyuwangi-Lombok.

Kapal feri akan berlayar dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi langsung menuju Pelabuhan Lembar di Lombok.

Diadakannya rute tersebut merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan konektivitas Jawa-Nusa Tenggara Barat.

Baca juga: Seluruh Tempat Wisata di Banyuwangi Tutup pada 31 Desember 2020

Dari total tujuh kapal, termasuk swasta, yang akan beroperasi di jalur baru tersebut, ASDP akan melayani dengan KMP Portling VII.

Adapun, jarak tempuh kapal dari Pelabuhan Ketapang menuju Pelabuhan lembar adalah 125 mil atau sekitar 201 kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang-lebih 12,5 jam.

Kemudian, waktu pelayanan adalah tiga jam. ASDP pun berharap jalur Ketapang-Lembar dapat menjadi layanan penyeberangan yang efektif dan efisien, baik dari segi waktu dan biaya.

Pelabuhan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, NTB.KOMPAS.COM/KARNIA SEPTIA KUSUMANINGRUM Pelabuhan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, NTB.

“Masyarakat kini makin mempunyai alternaitf transportasi yang lebih baik dan dapat diandalkan,” kata Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi, dilansir dari Antara, Sabtu (26/12/2020).

Pernyataan itu ia sampaikan saat peresmian pelayaran perdana lintas penyeberangan Ketapang-Lembar di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Sabtu (26/12/2020).

Baca juga: Acara yang Siap Digelar di NTB Tahun 2021, Ada MotoGP dan LEtape

Menurut dia, rute penyeberangan Ketapang-Lembar tersebut sudah memenuhi persyaratan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk ditetapkan sebagai lintas penyeberangan antarprovinsi.

Jalur Ketapang-Lembar (Banyuwangi-Lombok) tersebut merupakan rute LDF ketiga yang dilayani ASDP. Sebelumnya, ada Surabaya-Lembar dan Jakarta-Surabaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.