Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sawah di Pronosutan View Kulon Progo Sudah Menguning, Segera ke Sana Sebelum Panen

Kompas.com - 02/01/2021, 15:03 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Pronosutan View merupakan salah satu tempat wisata di Kulon Progo, Yogyakarta yang makin viral saat pandemi Covid-19.

Tempat wisata tersebut merupakan hamparan persawahan yang begitu luas milik para warga Dusun Pronosutan, Desa Kembang, Kecamatan Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Wisatawan yang datang ke sana banyak yang memanfaatkan persawahan tersebut sebagai latar belakang foto Instagramable.

Berkunjung ke sana tak bisa sembarangan, khususnya jika tujuanmu ingin mengambil foto dengan latar belakang persawahan yang indah. Berkunjung ke sana sebaiknya dilakukan di waktu-waktu tertentu.

Baca juga: Panduan Lengkap ke Pronosutan View, Sawah Instagramable di Yogyakarta

Salah satu waktu paling tepat untuk berkunjung ke sana adalah sekarang ini, waktu-waktu di awal bulan Januari 2021. Pasalnya, kondisi sawah sedang ditanami tanaman padi dan sedang menguning, hampir menuju waktu panen.

“Saat ini sudah menguning padinya. Besok tanggal 7 (Januari 2021) baru mau acara Wiwitan panen,” kata salah satu warga sekitar Pronosutan View bernama Anang pada Kompas.com, Sabtu (2/1/2021).

Pronosutan View ketika hampir musim panen, padi terlihat mulai menguningDok. Pronosutan View Pronosutan View ketika hampir musim panen, padi terlihat mulai menguning

Hamparan sawah dengan padi yang mulai menguning jadi salah satu waktu paling tepat untuk menikmati pemandangan. Bukan lagi hamparan karpet hijau yang bisa kamu dapatkan, tapi hamparan karpet indah yang mulai menguning.

Sebelumnya dalam artikel yang terbit di Kompas.com, Anang juga sempat mengatakan bahwa wisatawan disarankan untuk datang di umur tanaman sekitar 2,5 bulan.

Saat itu merupakan masa peralihan tanaman dari warna hijau ke kuning. Semburat-semburat kuning pada padi jadi salah satu waktu terbaik untuk datang ke Pronosutan View.

Baca juga: 6 Tips Wisata ke Pronosutan View Kulon Progo

Namun, dengan rencana warga sekitar Pronosutan View untuk mengadakan acara Wiwitan panen pada Kamis (7/1/2021) mendatang , Anang menyarankan para wisatawan untuk berkunjung ke sana sebelum tanggal tersebut.

Acara Wiwitan panen

Wiwitan adalah salah satu tradisi turun temurun yang biasa dilakukan masyarakat tani menjelang masa panen tiba. Tradisi ini digelar sebagai rasa syukur atas anugerah Tuhan.

Menjelang masa panen, masyarakat tani Pronosutan juga mengadakan acara tersebut. Nantinya, kata Anang, Bupati Kulon Progo rencananya akan datang meramaikan acara tersebut.

“Hanya sederhana. Arak-arakan ayam ingkung dan nasi tumpeng dari tempat transit ke tengah sawah. Di tengah sawah dilakukan doa dan ayam ingkung dibagikan ke warga yang datang,” jelas Anang.

Peserta tur gowes di Pronosutan ViewDok. Pronosutan View Peserta tur gowes di Pronosutan View

Termasuk wisatawan yang tertarik untuk datang, masyarakat Pronosutan bersedia menyambut mereka untuk menyaksikan secara langsung rangkaian tradisi tersebut. 

"Boleh-boleh saja (wisatawan datang. Tapi tetap harus (menaati) protokol kesehatan," tambah dia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com