Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata ke Pronosutan View Kulon Progo, Bisa Ikut Tur Gowes

Kompas.com - 02/01/2021, 17:05 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pronosutan View di Kulon Progo, Yogyakarta salah satunya terkenal sebagai tempat berwisata sepeda.

Dengan pemandangan hamparan sawah luas dengan latar belakang Perbukitan Menoreh yang cantik, banyak wisatawan asal Yogyakarta atau daerah lain memilih bersepeda ke sana untuk melepas penat kehidupan kota.

Selain pemandangannya yang menyegarkan, trek di sekitar Pronosutan View juga cocok untuk bersepeda. Kondisi jalannya bagus dan tidak terlalu jauh, sehingga cocok untuk sekadar refreshing.

Kini, para wisatawan yang ingin bersepeda mengelilingi area Pronosutan View bisa juga mencoba paket Gowes Tour dari Pronosutan View Community.

Baca juga: Pronosutan View Kulon Progo, Pesona Hamparan Sawah Bak Permadani Hijau

“Sudah mulai jalan (tur gowes). Mulai masuk Desember 2020. Peminatnya lumayan, seminggu bisa sampai 2 paket tour,” kata salah satu masyarakat sekitar Pronosutan View bernama Anang pada Kompas.com, Sabtu (2/1/2020).

Paket tur gowes Pronosutan View

Ada tiga paket tur gowes yang tersedia. Yakni tur Rute 1 jarak pendek, Rute 2 jarak menengah, dan Rute 3 jarak jauh.

Para peserta tur gowes Pronosutan ViewDok. Pronosutan View Para peserta tur gowes Pronosutan View

  • Rute 1

Untuk paket Rute 1 jarak pendek, jarak yang akan ditempuh adalah sekitar 5 kilometer dan akan menjelajahi Pronosutan View dengan harga paket Rp 200.000.

Harga tersebut berlaku untuk peserta maksimal 10 orang. Rute yang akan dijelajahi adalah Toko Cito–Pundak–Kalisonggo–Singkung (Patung Sapi)–Kenteng–Punthuk–Toko Cito.

Baca juga: Sawah di Pronosutan View Kulon Progo Sudah Menguning, Segera ke Sana Sebelum Panen

Harga tersebut juga sudah termasuk air mineral dan camilan ala desa di tempat finish. Tur dimulai pukul 05.00 WIB. Peserta tur wajib menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

  • Rute 2

Lalu untuk Rute 2 jarak menengah, termasuk menjelajahi Pronosutan View–Kamal–Jatisarono. Harganya Rp 270.000 untuk maksimal peserta 10 orang. Jarak yang ditempuh sekitar 10 kilometer.

Rute yang akan ditempuh adalah Toko Cito–Pundak–Kalisonggo–Singkung (Patung Sapi)–Kamal–Jatingarang–Karang–Pasar Kenteng–Punthuk–Toko Citu.

Peserta tur gowes di Pronosutan ViewDok. Pronosutan View Peserta tur gowes di Pronosutan View

Harga tersebut sudah termasuk air mineral dan camilan ala desa di check point dan lokasi finish. Tur dimulai pukul 05.00 WIB. Peserta wajib mengikuti protokol kesehatan Covid-19. Rute 2 ini, kata Anang, jadi rute tur yang paling banyak peminatnya.

  • Rute 3

Terakhir adalah Rute 3 jarak jauh dengan jarak tempuh sekitar 20-25 kilometer. Paket ini termasuk menjelajahi Pronosutan View–Talang Bowong–Dekso. Harganya Rp 500.000 untuk maksimal 10 orang peserta.

Rute dimulai dari Toko Cito–Pundak–Kalisonggo–Jembatan Bowong–Kedungrong–Dekso–Perempatan Kenteng–Punthuk–Toko Cito. Harga sudah termasuk air mineral serta camilan ala desa di check point dan lokasi finish.

Baca juga: Waktu Terbaik Wisata ke Pronosutan View, Saat Musim Tanam

Tur dimulai pukul 05.00 WIB, dan peserta wajib menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Semua paket tur sudah termasuk camilan, air mineral, dan guide. Namun belum termasuk penyewaan sepeda.

Para peserta tur bisa memilih untuk membawa sepeda sendiri atau menyewa sepeda ke masyarakat sekitar. Untuk harga sewa sepeda adalah Rp 15.000 per unit sudah termasuk gratis air mineral.

“Untuk pemesanan maksimal H-1 karena harus siapkan camilan ala desa oleh ibu-ibu. Jadi camilan itu yang siapkan ibu-ibu sekitar,” terang Anang.

Untuk pemesanan tur bisa menghubungi Pronosutan View Community di nomor 087886883444.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com