Ribuan Struktur Karang Ditenggelamkan di Laut Bali, Ada Patung Garuda

Kompas.com - 02/01/2021, 17:22 WIB
Sejumlah penyelam berada di patung Garuda, salah satu struktur yang ditenggelamkan guna memberikan manfaat bagi ekosistem bawah laut Bali ANTARASejumlah penyelam berada di patung Garuda, salah satu struktur yang ditenggelamkan guna memberikan manfaat bagi ekosistem bawah laut Bali

KOMPAS.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui program Restorasi Terumbu Karang (Indonesia Coral Reef Garden/ICRG) menenggelamkan ribuan struktur karang yang bermanfaat bagi ekosistem laut untuk menghiasi bawah laut Bali.

"Ribuan dan aneka jenis struktur karang mulai ditenggelamkan, termasuk struktur berbentuk burung garuda," kata Plt Dirjen Pengelolaan Ruang Laut KKP TB Haeru Rahayu yang akrab disapa Tebe, dalam siaran pers di Jakarta, Sabtu (2/1/2021)/

Dilansir dari Antara, beragam struktur tersebut diharapkan dapat membentuk klaster-klaster yang akan memperkaya ekosistem bawah laut dan mampu menjadi daya tarik wisata ke depan.

Baca juga: 3 Cara Rehabilitasi Terumbu Karang di Indonesia

Berdasarkan data KKP, hingga tanggal 20 Desember 2020, struktur yang telah ditenggelamkan pada 5 lokasi ICRG sebanyak 63.964 unit, terdiri dari Nusa Dua 26.350 unit, Pandawa 10.177 unit, Sanur 7.270 unit, Serangan 7.475 unit, dan Buleleng terdapat 12.692 struktur.

"Di beberapa tempat seperti Buleleng dan Serangan sedang dalam proses penyelesaian penataan dan penanaman fragmen, sedangkan di tempat lainnya, secara paralel berlangsung penenggelaman, penataan, dan penanaman fragmen,” ujar Tebe.

Tebe menggarisbawahi bahwa setelah kegiatan padat karya membuat struktur dan menenggelamkan ke laut, pekerjaan rumah besar yang harus dikawal bersama adalah pemeliharaan dan pengelolaannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.