Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desa Bonan Dolok Samosir, Nikmati Tepian Danau Toba hingga Air Terjun

Kompas.com - 03/01/2021, 08:20 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

KOMPAS.com - Tempat wisata di Sumatera Utara tidak ada habisnya--mulai dari alam, budaya, sejarah hingga kuliner.

Dilansir dari Tribun Medan, salah satu tempat wisata menarik di Sumut yang bisa dikunjungi adalah Bonan Dolok, Kecamatan Sianjur Mula-mula, Samosir. Desa ini ada di tepi Danau Toba.

Baca juga: Air Terjun Efrata Samosir, Tempat Wisata Indah dekat Danau Toba

Daya tarik dari salah satu wisata Samosir ini adalah banyaknya bukit yang hijau. Ada juga rumah-rumah tradisional, sawah dan alam yang asri.

"Desanya luar biasa cantik. Pemandangannya tidak ada duanya. Bentangan sawah yang indah, serta bukit yang hijau, membuat pengunjung bentah saat berada di desa ini," ucap Hafiz seorang pengunjung asal Kota Medan, Senin (28/12/2020).

"Di kawasan ini terdapat air terjun, sungai, sawah dan pedesaan khas Batak yang di kelilingi perbukitan. Jika tidak sedang hujan, air sungai ini cukup jernih, namun setelah hujan biasanya akan keruh," sambungnya.

Baca juga: Liburan ke Samosir, Berikut Panduan Lengkap Menuju ke Sana

Di lokasi ini juga terdapat air tejun yang populer, yakni Air Terjun Sitapigagan. 

Jika tertarik berkunjung, kamu bisa menempuh perjalanan dari Kota Medan. Adapun waktu tempuh dari Medan ke Desa Bonan Dolok yakni sekitar tujuh jam.

Pengunjung harus melewati jalur danau dengan kapal penumpang dari Pangururan, ibu kota kabupaten, selama lebih kurang satu jam.

Artikel ini telah tayang di tribun-medan.com dengan judul Keindahan Desa Bonan Dolok yang Tawarkan Pemandangan Eksotis serta Hamparan Sawah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com