Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wonogiri Perpanjang Penutupan Tempat Wisata sampai 17 Januari 2021

Kompas.com - 04/01/2021, 20:08 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Bupati Kabupaten Wonogiri Joko Sutopo memutuskan memperpanjang penutupan sementara tempat wisata yang ada di wilayah Kabupaten Wonogiri.

Hal tersebut tertera dalam Surat Edaran (SE) Nomor: 443.2/001 tentang Perpanjangan Penutupan Sementara Objek Wisata di Wilayah Kabupaten Wonogiri.

Tertera dalam SE tersebut, obyek wisata di wilayah Kabupaten Wonogiri akan diperpanjang penutupannya mulai tanggal 4 – 17 Januari 2021.

“Setelah kami satuan gugus tugas (Satgas) melakukan pencermatan terhadap statistik epidemologi kami, ternyata trennya masih cukup mengkhawatirkan. Akhirnya kebijakan pemerintah memperpanjang penutupan ruang-ruang publik,” kata Joko ketika dihubungi Kompas.com, Senin (4/1/2021).

Baca juga: Penutupan Tempat Wisata Wonogiri Saat Libur Nataru Masih Belum Pasti

Selain tempat wisata, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri juga menutup tempat-tempat yang biasanya dijadikan pusat berkumpul orang banyak, misalnya alun-alun.

Perpanjangan penutupan

Awalnya, Pemkab Wonogiri menutup tempat wisata pada fase pertama dalam rangka menyambut libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021. Penutupan pertama tersebut berlangsung hingga tanggal 4 Januari 2021.

“Hari ini kan tanggal 4 (Januari 2021), kami koreksi. Ternyata status penularan kami masih cukup tinggi. Hari ini masih ada 51 (kasus positif), jadi ini kita perpanjang,” terang pria yang akrab disapa Jekek itu.

Waduk Gajah Mungkur Wonogiri.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Waduk Gajah Mungkur Wonogiri.

Meski pada SE tertera penutupan akan dilakukan hingga tanggal 17 Januari 2021, ia menyebut ada kemungkinan bahwa penutupan akan kembali diperpanjang.

Semua itu bergantung pada situasi dan kondisi penyebaran pandemi Covid-19 yang ada di Kabupaten Wonogiri.

Baca juga: Waduk Tandon Wonogiri Surut, Padang Rumputnya Ramai Dikunjungi Warga

Jika status kasus positif Covid-19 di Kabupaten Wonogiri sudah cukup melandai, ada kemungkinan penutupan akan dievaluasi kembali.

Namun, jika tren kasus setelah tanggal 17 Januari 2021 masih cukup mengkhawatirkan, Pemkab Wonogiri akan kembali mengeluarkan SE susulan perihal perpanjangan penutupan tempat wisata.

“Kalau kami sudah masuk zona kuning, baru kami akan ambil kebijakan baru. Kalau ini kan zonanya masih merah dengan risiko tinggi,” imbuh Jekek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com