Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata ke Sekitar Songgoriti, Wisata Budaya sampai Mandi Air Panas

Kompas.com - 05/01/2021, 17:05 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Berwisata ke Songgoriti di Kota Batu, Malang, Jawa Timur, ada banyak hal yang bisa dilakukan.

Tempat-tempat wisata di sana sangat beragam, mulai dari wisata budaya, sejarah, wisata belanja, hingga mandi air panas ala Jepang.

Wisata ala Jepang

Songgoriti juga punya tempat wisata dalam bentuk resor berkonsep tradisional Jepang, yakni The Onsen Hot Spring Resort Batu.

“Ini adalah satu-satunya resor dengan konsep tradisional Jepang yang ada di Jawa Timur, bahkan mungkin di Indonesia yang benar-benar menampilkan keaslian dari budaya tradisional Jepang,” kata Public Relation Manajer The Onsen Hot Spring Resort Septian Reca pada Kompas.com, Selasa (5/1/2021).

Baca juga: 5 Wisata ala Jepang di Malang, Bamboo Forest sampai Onsen

Konsep yang diusung oleh tempat ini adalah tematik tradisional Jepang, tepatnya Kyoto. Saat berkunjung ke sana, kamu bisa menikmati suasana Little Kyoto. Lengkap dengan bangunan cottage yang mirip dengan Ryokan di Jepang.

Aktivitas wisata yang bisa dilakukan di sini cukup banyak. Pertama, adalah berswafoto di lokasi ikonik The Onsen Hot Spring Resort, seperti Torii (gerbang menuju nirwana), Chaya (tea house), dan Zen Garden.

Di sana, wisatawan juga bisa menyewa baju Yukata atau yakni baju tradisional Jepang yang dipakai sehari-hari atau saat perayaan musim panas di Jepang.

“Berendam air panas di Private Onsen yang ada di masing-masing cottage atau di Public Genki Onsen. Lalu makan makanan khas Jepang di Fushimi Restaurant,” jelas Reca.

Ilustrasi berendam air panas di The Onsen Hot Spring ResortDok. The Onsen Hot Spring Resort Ilustrasi berendam air panas di The Onsen Hot Spring Resort

Wisatawan juga bisa menginap di cottage yang tersedia. Harganya bervariasi, publish rate mulai dari Rp 3,6 juta. Namun jika tidak ingin menginap, wisatawan juga bisa hanya datang untuk berwisata saja.

The Onsen Hot Spring Resort terletak di Jalan Arumdalu nomor 98, Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Buka setiap hari pukul 10.00–21.00 WIB untuk wisatawan. Harga tiket masuk untuk wisatawan Rp 50.000.

Wisata di kawasan Gunung Banyak

Mengarah ke atas, kamu bisa berwisata di kawasan Gunung Banyak. Di sana, ada beberapa kawasan wisata sekaligus, di antaranya Omah Kayu, Tandem Paralayang, Taman Langit Gunung Banyak, dan Romantic Camp.

Omah Kayu merupakan tempat akomodasi berupa kabin kecil di atas pohon. Menginap di sana, kamu akan merasakan sensasi tinggal di rumah pohon dengan pemandangan indah dari ketinggian.

Omah Kayu Batu di Gunung BanyakDok. Instagram @omahkayubatu Omah Kayu Batu di Gunung Banyak

“Taman Langit Gunung Banyak itu taman dan spot foto. Aktivitasnya bisa lihat view Kota Batu dan Tandem Paralayang,” kata Guide Malang bernama Whiempy pada Kompas.com, Selasa (5/1/2021).

Untuk Tandem Paralayang, kamu bisa coba aktivitas paralayang yang memacu adrenalin. Aktivitas ini cocok bagi pemburu tantangan.

Baca juga: Itinerary Seharian di Sekitar Batu Love Garden, Puas Nikmati Kota Batu

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com