Ini Lokasi yang Diincar untuk Pagelaran Sport Tourism

Kompas.com - 05/01/2021, 21:01 WIB
Peserta lari putri Elite Race Borobudur Marathon 2020 melintasi rute di kawasan Candi Borobudur, Minggu (15/11/2020) pagi WIB. KOMPAS.com/MOCHAMAD SADHELIPeserta lari putri Elite Race Borobudur Marathon 2020 melintasi rute di kawasan Candi Borobudur, Minggu (15/11/2020) pagi WIB.

KOMPAS.com – Potensi yang dimiliki Indonesia untuk kelangsungan pariwisata berbasis olahraga ( sport tourism) membuat salah satu kegiatan wisata tersebut akan makin dikembangkan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan bahwa dirinya sudah mengantongi sejumlah lokasi yang diincar untuk dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan tersebut.

Baca juga: Selain Golf, Olahraga Lain akan Didorong dalam Pengembangan Sport Tourism

“Dari golf, ada tiga daerah yang teman-teman Persatuan Golf Indonesia (PGI) calonkan, yaitu tentunya Bali, Jakarta, dan ada satu lagi yang diperjuangkan,” kata dia.

Hal tersebut sandiaga sampaikan dalam konferensi pers virtual “Kerja sama Pengembangan Sport Tourism” yang turut dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Selasa (5/1/2021).

Kendati demikian, Sandiaga mengusulkan untuk penambahan lokasi pagelaran acara olahraga golf yaitu di Yogyakarta dan di Kepulauan Riau (Kepri).

Baca juga: Ada Ciletuh Geopark Run, Siap-siap Eksplorasi Sunset Pantai Palangpang

Terkait satu lokasi yang sedang diperbincangkan, dia tidak menyebutkan apakah lokasi tersebut adalah Yogyakarta, Kepri, atau lokasi lain yang sengaja dirahasiakan.

“Dari triathlon komitnya Danau Toba dan Labuan Bajo. Saya bilang kurang, tambah lagi. Kenapa enggak di lima destinasi super prioritas (5 DSP). Ada lima triathlon,” imbuh Sandiaga.

Atlet paralayang yang tengah berlatih di Bukit Paralayang Watugupit, Bantul, Yogyakarta, Kamis (23/1/2020). Selain menjadi tempat wisata, Bukit Paralayang sebelumnya merupakan tempat berlatih atlet paralayang dari berbagai daerah.Paskalis Dwiwanda Atlet paralayang yang tengah berlatih di Bukit Paralayang Watugupit, Bantul, Yogyakarta, Kamis (23/1/2020). Selain menjadi tempat wisata, Bukit Paralayang sebelumnya merupakan tempat berlatih atlet paralayang dari berbagai daerah.

Sementara untuk marathon, dia tidak mengatakan di mana satu lokasi yang disarankan. Namun, sama seperti golf, Sandiaga juga menyarankan untuk penambahan lokasi pagelaran marathon.

“Saya bilang, kalau bisa konsep hybrid kenapa enggak lima. Ini saya tantang teman-teman bisa bantu dari segi mengorganisasikannya,” kata Sandiaga.

Baca juga: Aquathlon Pertama di Raja Ampat Sukses Digelar

Nantinya dalam pengembangan pariwisata berbasis olahraga, dia menegaskan bahwa konsepnya akan mengusung konsep pariwisata berkualitas.

Berdasarkan pemberitaan Kompas.com, Kamis (8/10/2020), wisata golf termasuk dalam pariwisata berkualitas tinggi.

Pariwisata berkualitas adalah di mana seorang wisatawan melakukan pengeluaran yang tinggi ketika berkunjung ke suatu destinasi.

Baca juga: Diikuti WNA, Turnamen Golf di Batam Berhasil Tarik Minat Wisman

Sejak beberapa tahun belakangan, wisata golf tengah gencar dipromosikan. Selain karena jumlah pemain golf di Indonesia yang mulai meningkat, sejumlah lapangan golf di Nusantara memiliki fasilitas bertaraf internasional.

Salah satu destinasi wisata golf yang dianggap sebagai surga para pemain golf adalah Batam, Kepri. Di sana, terdapat sejumlah lapangan golf bertaraf inernasional seperti Tering Bay Golf & Country Club dan Palm Springs Golf & Country Club.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X