Kompas.com - 06/01/2021, 08:08 WIB
Rhino X-Tri merupakan ajang cross triathlon pertama di Indonesia yang akan diselenggarakan di Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten, 22-24 September 2017. Dok. Rhino X-TriRhino X-Tri merupakan ajang cross triathlon pertama di Indonesia yang akan diselenggarakan di Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten, 22-24 September 2017.

KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan bahwa pariwisata berbasis olahraga (sport tourism) dapat menjadi opsi bagi kalangan wisatawan tertentu.

“Ada yang disebut pandemic fatigue. Banyak masyarakat yang fatigue secara sembilan bulan lebih harus di rumah saja,” kata dia dalam rekaman suara yang Kompas.com terima, Selasa (5/1/2021).

Sandiaga melanjutkan bahwa pilihan tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat yang sudah ingin berwisata dengan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin, tetapi bisa sambil menjalankan hidup sehat.

Baca juga: Sandiaga Mau Gerak Cepat Gelar Sport Tourism dengan Protokol Kesehatan

Menurut Sandiaga, potensi tersebut dapat menumbuhkan ekosistem industri pariwisata, khususnya untuk jenis pariwisata berbasis olahraga.

Oleh karena itu, pihaknya mengusulkan kepada sejumlah asosiasi cabang olahraga (cabor) untuk menyelenggarakan acara wisata olahraga di lima destinasi super prioritas.

Ilustrasi golf - Seorang pemain golf sedang bermain di padang golf.SHUTTERSTOCK / sattahipbeach Ilustrasi golf - Seorang pemain golf sedang bermain di padang golf.

“Terutama yang akan dikunjungi segera,” ujarnya.

Saat ini, sejumlah asosiasi cabor seperti golf, triathlon, dan marathon mengusulkan pagelaran acara wisata olahraga di Bali, Jakarta, Yogyakarta, Kepulauan Riau, Danau Toba, dan Labuan Bajo.

Nantinya dalam pengembangan dan penyelenggaraan pariwisata berbasis olahraga, Sandiaga menegaskan bahwa akan mengusung konsep pariwisata berkualitas.

Baca juga: Selain Golf, Olahraga Lain akan Didorong dalam Pengembangan Sport Tourism

Pariwisata berkualitas adalah di mana seorang wisatawan melakukan pengeluaran yang tinggi ketika berkunjung ke suatu destinasi.

Guna mengembangkan pariwisata berbasis olahraga, Kemenparekraf bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Pertemuan pun sudah dilakukan oleh Sandiaga bersama Menpora Zainudin Amali pada Selasa (5/1/2021) untuk membahas lebih lanjut rencana tersebut.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X