Kompas.com - 06/01/2021, 11:24 WIB

KOMPAS.com - Wisata Museum Tsunami Aceh kembali dibuka setelah ditutup saat awal pandemi Covid-19 lalu.

Dilansir dari Antara, pembukaan dengan aturan kapasitas pengunjung dibatasi sesuai dengan protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

"Sudah kita buka sejak 31 Desember 2020, dengan kapasitas terbatas dan tetap menerapkan protokol kesehatan," kata Kepala Museum Tsunami Aceh Hafnidar, di Banda Aceh, Selasa (5/1/2021).

Baca juga: Sandiaga Uno: Kebangkitan Aceh Akan Menginspirasi Kebangkitan Pariwisata Indonesia

Hafnidar mengatakan, sistem pembatasan tersebut dilakukan dengan cara buka tutup, ketika wisatawan sudah mencapai 100 orang, maka pintu utamanya ditutup.

"Kita akan kelola dalam gedung hanya untuk jumlah tersebut, kemudian ketika sudah berkurang kita buka lagi gate (gerbang) nya, kita tetapkan per jam," katanya.

Ia menyebutkan, jadwal kunjungan Museum Tsunami Aceh ini dimulai jam 09.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB. Di antara jadwal tersebut selalu dilakukan penutupan gerbang jika pengunjung sudah mencapai 100 orang.

"Karena ini kita juga adaptasi Museum setelah dari awal Maret ditutup secara serentak semua Museum di Indonesia, dan sekarang kita tetap menerapkan aturan kesehatan," katanya.

Baca juga: Ujung Batu Aceh Singkil, Wisata Pantai Tersembunyi di Serambi Mekkah

Selain itu, kata dia, antrean saat pembelian tiket juga dibatasi hanya 20 pengunjung saja dengan persediaan tempat duduk serta kursi transit sehingga para wisatawan tidak terlalu dekat satu sama lain.

Tidak hanya itu, kata dia, pengunjung yang masuk ke dalam sumur doa juga dibatasi 20 orang dengan durasi waktu lima sampai tujuh menit. Lalu, ke audio sembilan menit.

"Ada ruang yang kita bolehkan lima menit, dan ada ruang yang kita bolehkan 10 menit, kita terapkan aturan kesehatan," demikian Hafnidar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.