Kompas.com - 07/01/2021, 08:20 WIB
Ilustrasi pesawat Saudi Airlines. SHUTTERSTOCKIlustrasi pesawat Saudi Airlines.


KOMPAS.com – Maskapai penerbangan Saudi Airlines sudah memulai penjualan tiket pesawat menuju Arab Saudi.

Penjualan tiket kembali dilakukan setelah pemerintah Arab Saudi kembali mengizinkan penerbangan masuk ke negaranya pada Minggu (3/1/2021).

Dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Saudi Airlines sudah membuka kembali penjualan tiket. Calon penumpang sudah bisa melakukan transaksi pemesanan tiket. Maskapai penerbangan tersebut pun sudah beroperasi kembali di bandara.

Saudi Airlines telah menerima surat pemberitahuan dari General Authority of Civil Aviation (GACA) Arab Saudi tentang pengangkatan suspensi semua penerbangan internasional dan perjalanan masuk ke wilayah Arab Saudi untuk semua maskapai penerbangan.

Baca juga: Penerbangan ke Arab Saudi Sudah Diizinkan Kembali

Belum ada prosedur terbaru

Terkait aturan dan prosedur penerbangan ke Arab Saudi, hingga kini Saudi Airlines dan maskapai penerbangan lain masih mengikuti prosedur penerbangan yang lama.

Masih belum ada informasi terbaru terkait prosedur penerbangan setelah pencabutan pembatasan perjalanan tersebut.

Saudi Airlines sendiri masih menunggu arahan resmi dari kantor pusat mereka yang berada di Jeddah, Arab Saudi terkait hal ini.

Beberapa aturan dan prosedur lama tersebut di antaranya, menerapkan prosedur protokol kesehatan dan social distancing dengan tujuan meminimalisir rantai penyebaran virus Covid-19 yang dilakukan baik saat penumpang berada di bandara atau pun memasuki pesawat.

Umat Muslim mengitari Kabah saat melakukan tawaf ibadah haji dengan penerapan protokol kesehatan di Masjidil Haram, Kota Mekah, Arab Saudi, Minggu (2/8/2020). Pelaksanaan haji yang istimewa tahun ini di tengah pandemi Covid-19 hanya diikuti sekitar 1.000 jemaah, dengan protokol kesehatan yang ketat.AFP/STR Umat Muslim mengitari Kabah saat melakukan tawaf ibadah haji dengan penerapan protokol kesehatan di Masjidil Haram, Kota Mekah, Arab Saudi, Minggu (2/8/2020). Pelaksanaan haji yang istimewa tahun ini di tengah pandemi Covid-19 hanya diikuti sekitar 1.000 jemaah, dengan protokol kesehatan yang ketat.

Hal yang sama pun berlaku pada penerbangan untuk kegiatan umrah. Jemaah umrah asal Indonesia bisa kembali diberangkatkan ke Tanah Suci dengan adanya pembukaan kembali akses penerbangan ke Arab Saudi tersebut.

Seperti mengutip Kompas.com, Kabid Umrah Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) Zaki Zakaria, setelah bandara Indonesia dibuka untuk penerbangan internasional tanggal 14 Januari 2021 mendatang, umrah bisa kembali diberangkatkan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X