Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tips Liburan ke TN Baluran di Situbondo, Jangan Pakai Sandal Jepit

Kompas.com - 07/01/2021, 10:19 WIB
Nabilla Ramadhian,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Taman Nasional (TN) Baluran sudah dibuka kembali untuk kegiatan wisata sejak Selasa (5/1/2021) setelah ditutup sejak 21 Desember 2020 – 4 Januari 2021 karena kondisi Covid-19 di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur (Jatim).

Apabila ingin berkunjung ke TN Baluran dalam waktu dekat, terdapat sejumlah syarat yang harus dilakukan oleh calon wisatawan agar aktivitas liburan tidak terganggu, serta tetap aman dan nyaman.

Baca juga: TN Baluran Buka Lagi, Wajib Rapid Test Antigen atau Antibodi

“Sebaiknya gunakan sepatu dan jangan sandal jepit atau sejenisnya,” kata Humas TN Baluran Joko Mulyo yang akrab disapa Jomy kepada Kompas.com, Selasa.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut Kompas.com rangkum sepuluh tips liburan ke TN Baluran, Rabu (6/1/2021):

1. Siapkan hasil rapid test

Sebelum berkunjung, calon wisatawan nusantara (wisnus) yang tiba dari luar Jatim wajib melakukan rapid test antigen dan menunjukkan hasil negatif.

Sementara itu, pengunjung yang tiba dari area Jatim hanya perlu membawa hasil negatif rapid test antibodi.

Bagi wisatawan mancanegara (wisman), mereka harus membawa hasil negatif swab PCR sebelum liburan ke TN Baluran.

Monyet di Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur, Jumat (2/5/2014).BARRY KUSUMA Monyet di Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur, Jumat (2/5/2014).

“Berlaku sampai dengan batas waktu yang belum bisa ditetapkan, mengingat kondisi penyebaran Covid-19 masih mengkhawatirkan,” ujar Jomy.

Baik rapid test antigen, rapid test antibodi, maupun swab PCR, ketiganya wajib memiliki masa berlaku tiga hari sejak hasil dikeluarkan.

Bagi balita, lansia, dan penderita penyakit bawaan yang rentan tertular Covid-19 ada baiknya urungkan niat untuk berkunjung ke TN Baluran.

2. Reservasi daring dulu

Setelah memiliki hasil rapid test, langkah selanjutnya adalah reservasi kunjungan melalui situs https://bit.ly/FormKunjunganTNBaluran.

Sebab, tempat wisata tersebut membatasi kunjungan 950 orang per hari sejak dibuka kembali selama new normal pada 18 Agustus 2020.

Baca juga: TN Baluran: Wisatawan yang Nakal Silakan Pulang

Beberapa data yang harus diisi dalam form kunjungan tersebut adalah nama, nomor KTP, email, alamat, tanggal kunjungan, jam berkunjung, dan tujuan kunjungan.

3. Identitas diri jangan ketinggalan

Satu hal yang paling penting adalah membawa identitas diri lengkap, baik itu KTP atau tanda pengenal lainnya yang memudahkan pihak TN Baluran mengidentifikasi calon pengunjung.

Untuk KTP, meski calon wisatawan sudah menuliskan nomor KTP di form kunjungan daring, namun ada baiknya tetap membawa kartu fisik untuk pemeriksaan lebih lanjut jika terjadi kesalahan dalam memasukkan data dalam form tersebut.

Toyota C-HR Hybrid mampir ke Hutan Baluran di Banyuwangi, Jatim.TOYOTA Toyota C-HR Hybrid mampir ke Hutan Baluran di Banyuwangi, Jatim.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com