6 Tempat Wisata di Sekitar Semarang yang Wajib Dikunjungi

Kompas.com - 07/01/2021, 13:18 WIB
Tempat wisata bernama Dusun Semilir Eco Park di Semarang. dok. Dusun Semilir Eco ParkTempat wisata bernama Dusun Semilir Eco Park di Semarang.

KOMPAS.com - Pernahkan terpikir untuk liburan ke sekitar kota Semarang? Selain di kotanya, kamu pun bisa mengunjungi tempat wisata di Salatiga, Ambarawa, dan Bawen yang berada tidak jauh dari Semarang.

Bukan hanya mengkamulkan keindahan alamnya, beberapa tempat wisata ini pun menawarkan wawasan baru dan nilai sejarah.

Untuk memulai petualangan di sana, kamu bisa mengunjungi tempat wisata berikut ini.

Lokomotif uap mendorong gerbong kereta wisata saat menanjak dari Stasiun Jambu menuju Stasiun Bedono, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Kamis (27/10/2016). Jalur kereta api Ambarawa-Bedono kembali dioperasikan setelah hampir dua tahun diperbaiki.KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA Lokomotif uap mendorong gerbong kereta wisata saat menanjak dari Stasiun Jambu menuju Stasiun Bedono, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Kamis (27/10/2016). Jalur kereta api Ambarawa-Bedono kembali dioperasikan setelah hampir dua tahun diperbaiki.
Museum Kereta Api Ambarawa

Tempat wisata di Ambarawa ini dulunya adalah stasiun kereta api aktif. Namun karena banyak jalurnya yang rusak, stasiun ini disulap menjadi sebuah museum kereta api.

Kamu bisa naik lokomotif kuno di Ambarawa Railway Mountain Tour untuk menikmati pemkamungan di sekitarnya. Lokasinya berada di Jalan Panjang Kidul No. 1 Ambarawa.

Baca juga: Mudik Lewat Ambarawa? Coba Jajal Kereta Kayu Tua Bermesin Diesel

Bangunan Benteng Pendem Ambarawa yang masih otentik.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Bangunan Benteng Pendem Ambarawa yang masih otentik.
Benteng Pendem Fort Willem I

Dibangun pada tahun 1834, benteng yang berada di Bugisari ini berada di bawah permukaan tanah.

Setengah bangunan benteng ini masih digunakan sebagai Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Ambarawa, sementara bagian utaranya terbuka untuk wisata umum.

Baca juga: Benteng Pendem Ambarawa, Saksi Hidup dari Era Kolonial Belanda

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X