Puerto Rico Akan Buka Kembali Pantai dan Longgarkan Lockdown Covid-19

Kompas.com - 08/01/2021, 16:20 WIB
San Juan National Historic, sebuah situs Unesco World Heritage Site, di Puerto Rico. Ellen EliawatySan Juan National Historic, sebuah situs Unesco World Heritage Site, di Puerto Rico.


KOMPAS.com – Pantai, marina, dan kolam renang yang ada di Puerto Rico akan kembali dibuka mulai 8 Januari 2021 setelah dilakukannya lockdown untuk menghentikan penyebaran Covid-19.

Seperti dilansir Travel and Leisure, Gubernur Puerto Rico Pedro Pierlusi mengumumkan pelonggaran pembatasan tersebut, bersamaan dengan pembukaan kembali pantai-pantai pada Selasa (5/1/2021).

Tak itu saja, pemerintah Puerto Rico juga akan menghilangkan lockdown mingguan yang biasa dilakukan setiap hari minggu. Serta ada pula pengurangan jam malam yang diterapkan sejak awal pandemi.

Jam malam kini akan dimulai pukul 23.00 waktu setempat, bukannya pukul 21.00 seperti dulu. Jam malam akan berakhir pada pukul 05.00 pagi waktu setempat.

Baca juga: Kuba Buka Bandara Havana untuk Sambut Musim Liburan

Pembatasan lainnya, seperti kapasitas terbatas untuk restoran, museum dan kasino, serta penutupan bar, akan tetap dilakukan. Panduan menjaga jarak dan menggunakan masker ketika berada di ruang publik juga tetap ada.

Sebelumnya, pantai-pantai hanya bisa buka di jam-jam tertentu untuk mereka yang melakukan “olahraga individu”.

Ketika pantai kembali dibuka, pengunjung akan diminta untuk mengikuti panduan jaga jarak dan konsumsi alkohol pun akan dilarang.

Aturan baru ini akan berlaku selama 30 hari ke depan tapi bisa saja diubah kapan pun, jika pulau tersebut mengalami peningkatan kasus Covid-19.

“Tujuan kita adalah untuk bisa kembali ke normal baru. Untuk itu, kita harus tetap melakukan langkah pencegahan,” kata Pierlusi.

Baca juga: Inggris Raya Lockdown, Ada Denda bagi Warga yang Liburan

Walaupun pulau tersebut akan kembali ke fase normal, perusahaan perjalanan Discover Puerto Rico mengatakan bahwa mereka “hanya mendorong perjalanan yang penting saja saat ini,” berdasarkan situs resmi mereka.

Para pelaku perjalanan dengan perjalanan penting diharuskan mengisi formulir online Travel Declaration Form melalui Departemen Kesehatan Puerto Rico.

Mereka juga harus memiliki hasil negatif Covid-19, yang tesnya diambil tidak lebih dari 72 jam sebelum kedatangan. Jika tidak menyertakan hasil tes tersebut, maka diharuskan melakukan karantina saat kedatangan.

Puerto Rico melaporkan lebih dari 127.000 kasus positif Covid-19 dan lebih dari 1.200 kematian yang berhubungan dengan virus tersebut.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X