Kompas.com - 08/01/2021, 21:01 WIB

KOMPAS.com - Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I TN Alas Purwo, Probo Wresni Adji, mengatakan bahwa wisatawan wajib mematuhi protokol kesehatan yang telah diterapkan jika ingin berkunjung ke Taman Nasional (TN) Alas Purwo.

“Tidak pakai masker, tidak boleh masuk,” kata dia kepada Kompas.com, Kamis (7/1/2021).

Selain kewajiban memakai masker, wisatawan juga wajib mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir atau hand sanitizer, serta menjaga jarak.

Baca juga: 7 Protokol Kesehatan di Banyuwangi yang Bisa Ditiru, Ada Denda Rp 100.000

Kemudian, setibanya di kawasan TN Alas Purwo, Probo menuturkan bahwa pengunjung harus melalui prosedur pemeriksaan suhu tubuh di gerbang masuk.

Sejak pembukaan kembali selama new normal pada pertengahan 2020, dia mengatakan bahwa pihaknya tidak pernah mengalami kesulitan dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Banyak juga yang tidak betah memakai masker, tapi kami tetap mengingatkan, baik langsung didatangi petugas dan melalui pengeras suara,” ujar Probo.

Baca juga: Staycation di Banyuwangi, 6 Penginapan Dekat Pantai Solong

Menurut dia, seluruh pihak di TN Alas Purwo, baik itu wisatawan maupun para staf perlu meningkatkan kesadaran untuk peduli terhadap protokol kesehatan 3M guna mencegah penyebaran Covid-19.

Sudah dibuka kembali

Saat ini, TN Alas Purwo di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur sudah dibuka kembali sejak Senin (4/1/2021) setelah ditutup pada periode tahun baru yaitu 30 Desember 2020–3 Januari 2021.

Apabila ingin berkunjung ke TN Alas Purwo, Probo menuturkan bahwa saat ini wisatawan tidak perlu membawa hasil negatif rapid test antigen, antibodi, maupun swab PCR.

Pantai G Land yang terkenal dengan ombak yang tinggi dan cocok untuk surfing di Banyuwangi, Jawa Timur.ARSIP HUMAS PEMKAB BANYUWANGI Pantai G Land yang terkenal dengan ombak yang tinggi dan cocok untuk surfing di Banyuwangi, Jawa Timur.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.