Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Destinasi Ekowisata di Indonesia, Pas Dikunjungi Saat Pandemi

Kompas.com - 10/01/2021, 12:18 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com – Berkunjung ke destinasi ekowisata merupakan salah satu pilihan yang pas untuk dilakukan di masa pandemi. Untungnya, Indonesia punya banyak destinasi ekowisata.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ekowisata adalah wisata berbasis alam yang menekankan pembelajaran lingkungan dan memastikan lingkungan tidak dirusak wisatawan atau kegiatan wisata.

Arti lainnya adalah, wisata yang dilaksanakan di hutan atau di mana saja dengan memanfaatkan lingkungan alam sebagai obyeknya. Ekowisata juga mengutamakan konservasi budaya, pemberdayaan sosial, dan ekonomi masyarakat lokal.

Baca juga: 5 Lokasi untuk Bisa Bercengkerama dengan Satwa Liar Nusantara

Selain itu, ekowisata tak hanya hutan dan gunung yang sulit dijangkau. Berikut ini 7 destinasi ekowisata yang ada di Indonesia:

1. Taman Nasional Komodo

Rumah para Komodo ini merupakan ekowisata paling populer di Indonesia. Tiga pulau terbesar di kawasan ini, yakni Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar, adalah destinasi wisata Labuan Bajo yang wajib dikunjungi.

Ilustrasi komodoShutterstock Ilustrasi komodo

Selain melihat komodo, Anda pun bisa snorkeling, trekking, dan bermain di pantai-pantai cantik di dalam lingkungan taman nasional ini.

2. Tangkahan Ecotourism

Kerap disebut sebagai surga tersembunyi di Sumatera, ekowisata Tangkahan adalah rumah para gajah sumatera. Di kawasan ini, masyarakat lokal hidup berdampingan dengan mereka.

Baca juga: Way Kambas, Taman Nasional Tertua di Indonesia

Ketika berkunjung, Anda bisa menyusuri sungai dengan ban, naik perahu, hingga memandikan gajah-gajah yang lucu.

3. Desa Wisata Penglipuran

Berbeda dengan ekowisata lainnya. Desa ini menonjolkan kekayaan warisan arsitekturnya. Anda bisa melihat tata ruang dan arsitektur kuno Bali yang masih dipertahankan warga lokal.

Ilustrasi Bali - Desa Penglipuran di Kabupaten Bangli, Bali.SHUTTERSTOCK / GODILA Ilustrasi Bali - Desa Penglipuran di Kabupaten Bangli, Bali.

Pemandu pun akan mengajak Anda jalan-jalan sambil menjelaskan sejarah dan makna dari arsitektur dan budaya di desa tradisional ini.

4. Pulau Rubiah

Di ujung barat Aceh, Pulau Rubia menjadi destinasi ekowisata yang populer di kalangan para penyelam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com