Kompas.com - 10/01/2021, 13:04 WIB
Kolam Umbul Sigedang Dok. Umbul SigedhangKolam Umbul Sigedang

KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menutup seluruh tempat wisatanya mulai 11-25 Januari 2021.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klaten Sri Nugroho mengatakan, penutupan dilakukan berdasarkan berbagai pertimbangan.

“Benar (ditutup) dengan mempertimbangkan dan mengingat Kabupaten Klaten di mana pertambahan penyebaran kasus Covid-19 sangat tinggi berada di atas rata-rata nasional,” kata dia kepada Kompas.com, Minggu (10/1/2021).

Baca juga: Wisata Air di Klaten Tutup Lagi Akibat Kasus Covid-19 yang Tinggi

Selain itu, tambah Nugroho, daerahnya juga menutup seluruh tempat wisata karena adanya pembatasan kegiatan di Jawa-Bali.

Dengan dua pertimbangan tersebut, Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Klaten memutuskan bahwa semua jenis pariwisata ditutup sementara.

Adapun, penutupan berdasarkan Surat Edaran (SE) Bupati Nomor 360/016/32 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Klaten.

Seluruh jenis tempat wisata, mulai dari wisata alam, wisata air, hingga tempat wisata buatan, baik itu dikelola oleh Pemkab maupun tidak, wajib tutup selama periode tersebut.

Baca juga: Ketjeh Resto Klaten yang Unik, Bisa Makan Sambil Main Air

Sementara untuk tempat kuliner, mengutip unggahan akun Twitter Dinas Komunikasi Informatika Kabupaten Klaten @kominfo_klt, Sabtu (9/1/2021), mereka tetap buka hingga pukul 19.00 WIB dengan kapasitas maksimal 25 persen untuk makan di tempat.

“Selama penutupan akan ada pantauan ke lokasi dan evaluasi,” tutur Nugroho.

“Alhamdulillah semua pengelola tempat wisata memahami penutupan dengan adanya klaster Covid meningkat di atas rata-rata nasional,” sambung dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X