Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata di TN Lore Lindu Sulawesi Tengah Masih Tutup

Kompas.com - 11/01/2021, 18:21 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

KOMPAS.com - Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) hingga kini masih menutup sejumlah lokasi wisata yang ada di dalam kawasan konservasi tersebut.

"Semua lokasi wisata yang selama ini dikelola oleh Balai Besar TNLL masih ditutup sementara hingga jangka waktu belum ditentukan," kata Koordinator Destinasi Wisata Danau Tambing, Asdin di Palu, Sulawesi Tengah, Senin (11/1/2021).

Dilansir dari Antara, selama masa pandemi Covid-19 pada 2020 tempat wisata tersebut sempat ditutup dan baru dibuka kembali pertengahan tahun.

Baca juga: Danau Tambing Poso, Wisata Alam yang Jadi Primadona Saat Pandemi

Setelah berjalan beberapa bulan, Danau Tambing yang merupakan salah satu destinasi unggulan di Sulawesi Tengah (Sulteng) yang terletak di Kabupaten Poso tersebut kembali ditutup.

Penutupan lantaran peristiwa serangan kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di Dusun Lewono, Desa Lembantongoa, Kabupaten Sigi awal Desember 2020.

Balai Besar TNLL sebagai pengelola beberapa destinasi wisata yang ada dalam kawasan konservasi sejak peristiwa itu kembali mengambil kebijakan untuk menutup objek wisata, termasuk ekowisata Danau Tambing.

Baca juga: Dari Tepi Danau Poso Melanglang ke Swiss

Langkah itu semata-mata demi mengantisipasi dan mendukung penuh operasi aparat gabungan TNI/Polri memburu para kelompok teroris.

Apalagi, kata Asdin, lokasi wisata Danau Tambing yang terletak di poros jalan Trans Sulawesi di Desa Sedoa, Kecamatan Lore Utara, Kabupaten Poso, termasuk dalam area operasi Tinombala.

Padahal kunjungan wisatawan setiap hari libur bisa mencapai lebih dari 1.000 orang per hari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com