Wisata di TN Lore Lindu Sulawesi Tengah Masih Tutup

Kompas.com - 11/01/2021, 18:21 WIB
Danau Tambing Poso ANTARANEWSDanau Tambing Poso

KOMPAS.com - Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) hingga kini masih menutup sejumlah lokasi wisata yang ada di dalam kawasan konservasi tersebut.

"Semua lokasi wisata yang selama ini dikelola oleh Balai Besar TNLL masih ditutup sementara hingga jangka waktu belum ditentukan," kata Koordinator Destinasi Wisata Danau Tambing, Asdin di Palu, Sulawesi Tengah, Senin (11/1/2021).

Dilansir dari Antara, selama masa pandemi Covid-19 pada 2020 tempat wisata tersebut sempat ditutup dan baru dibuka kembali pertengahan tahun.

Baca juga: Danau Tambing Poso, Wisata Alam yang Jadi Primadona Saat Pandemi

Setelah berjalan beberapa bulan, Danau Tambing yang merupakan salah satu destinasi unggulan di Sulawesi Tengah (Sulteng) yang terletak di Kabupaten Poso tersebut kembali ditutup.

Penutupan lantaran peristiwa serangan kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di Dusun Lewono, Desa Lembantongoa, Kabupaten Sigi awal Desember 2020.

Balai Besar TNLL sebagai pengelola beberapa destinasi wisata yang ada dalam kawasan konservasi sejak peristiwa itu kembali mengambil kebijakan untuk menutup objek wisata, termasuk ekowisata Danau Tambing.

Baca juga: Dari Tepi Danau Poso Melanglang ke Swiss

Langkah itu semata-mata demi mengantisipasi dan mendukung penuh operasi aparat gabungan TNI/Polri memburu para kelompok teroris.

Apalagi, kata Asdin, lokasi wisata Danau Tambing yang terletak di poros jalan Trans Sulawesi di Desa Sedoa, Kecamatan Lore Utara, Kabupaten Poso, termasuk dalam area operasi Tinombala.

Padahal kunjungan wisatawan setiap hari libur bisa mencapai lebih dari 1.000 orang per hari.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X