Buka Lagi, Wisata Dusun Semilir di Semarang Terapkan Aturan Baru

Kompas.com - 11/01/2021, 20:30 WIB
Tempat wisata bernama Dusun Semilir Eco Park di Semarang. dok. Dusun Semilir Eco ParkTempat wisata bernama Dusun Semilir Eco Park di Semarang.


KOMPAS.com – Wisata Dusun Semilir di Bawen, Semarang telah kembali dibuka sejak 12 Desember 2020 silam setelah ditutup selama kurang lebih dua minggu akibat adanya pelanggaran protokol kesehatan.

Untuk memastikan hal yang sama tidak terulang, pengelola Dusun Semilir telah mempersiapkan beberapa aturan baru yang lebih ketat.

Aturan baru tersebut termasuk menerapkan pembatasan sesi kunjungan wisata menjadi dua sesi dalam sehari dan juga kenaikan harga tiket masuk.

Baca juga: 6 Aktivitas Seru di Dusun Semilir, Pas untuk Libur Akhir Pekan

“Tujuannya adalah untuk membatasi jumlah pengunjung yang masuk ke Dusun Semilir sesuai dengan instruksi dari pemerintah yaitu kapasitasnya hanya 50 persen dari kuota yang sebenarnya,” jelas Marketing Communication & Event Supervisor Dusun Semilir Irene Shinta Dewi pada Kompas.com, Senin (11/1/2021).

Pembatasan dua sesi kunjungan

Ada dua sesi kunjungan yang dibuka untuk para wisatawan Dusun Semilir dalam sehari. Sesi pertama adalah pukul 09.00 – 13.00 WIB dan sesi kedua pukul 13.30 – 19.00 WIB untuk hari biasa.

Tempat wisata bernama Dusun Semilir Eco Park di Semarang.dok. Dusun Semilir Eco Park Tempat wisata bernama Dusun Semilir Eco Park di Semarang.

Untuk penjualan tiket sudah bisa dilakukan sejak pukul 09.00 WIB untuk sesi pertama. Gerbang penjualan tiket akan ditutup pukul 11.30 WIB. Gerbang penjualan tiket akan dibuka kembali pukul 13.30 WIB dan ditutup pukul 17.00 WIB.

Sementara untuk akhir pekan dan libur nasional, sesi pertama kunjungan tempat wisata ini dimulai pukul 08.00 – 13.00 WIB dan sesi kedua pukul 13.30 – 19.00 WIB.

Penjualan tiket akan dibuka pukul 08.00 – 11.30 WIB untuk sesi pertama. Sementara sesi kedua, gerbang penjualan tiket akan dibuka pukul 13.30 – 17.00 WIB.

Tak hanya pembatasan jumlah pengunjung dan pembagian sesi kunjungan saja, pengelola Dusun Semilir juga menetapkan untuk menaikkan harga tiket masuk ke Dusun Semilir. Tujuannya untuk mengurangi jumlah pengunjung yang datang.

Kini, harga tiket masuk ke Dusun Semilir menjadi Rp 35.000 di hari biasa dan Rp 55.000 di akhir pekan atau libur nasional.

Baca juga: Belajar dari Dusun Semilir yang Ditutup, Bagaimana Seharusnya Protokol Kesehatan di Tempat Wisata?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X