Kompas.com - 11/01/2021, 22:15 WIB
Wisatawan berfoto di atas lokasi Arung Jeram, Lukup Badak, Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah, Rabu (7/1/2021). KOMPAS.COM/MASRIADI SAMBOWisatawan berfoto di atas lokasi Arung Jeram, Lukup Badak, Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah, Rabu (7/1/2021).

KOMPAS.com – Sebuah survei yang dilakukan oleh Agoda terhadap 16.064 responden secara daring menunjukkan, masyarakat ingin bepergian tanpa hambatan.

Adapun, survei dilakukan dengan mengambil responden dari sejumlah negara yang dilakukan pada periode 10-16 Desember 2020.

“Riset kami menunjukkan bahwa ada keinginan masyarakat dunia untuk melakukan perjalanan, berhubungan, menemukan makna, dan menghabiskan waktu dengan teman dan keluarga,” kata Vice President Corporate Development Agoda, Tim Hughes, dalam data yang Kompas.com terima, Senin (11/1/2021).

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut Kompas.com rangkum perilaku wisatawan pada 2021:

1. Ingin bepergian tanpa hambatan

Hughes mengatakan, masyarakat pada akhirnya akan kembali melakukan perjalanan karena keinginan manusia untuk bepergian tidak dapat dihentikan.

“Riset kami mendukung hal ini dan mengonfirmasi bahwa melakukan perjalanan adalah salah satu hal yang paling dinantikan di tahun 2021,” sambungnya.

Dalam keinginan melakukan perjalanan tanpa hambatan, 24 persen responden yang menyatakan hal tersebut berasal dari Singapura, Korea Selatan, dan Jepang.

Baca juga: Puncak Sagara, Wisata Perkemahan Baru di Garut dengan Pemandangan Alam

Ilustrasi turis yang merencanakan perjalanan keliling duniaSHUTTERSTOCK/TORWAISTUDIO) Ilustrasi turis yang merencanakan perjalanan keliling dunia

Persentase tersebut berasal dari responden berusia 55 tahun ke atas. Dari Indonesia sendiri, sebanyak 13 persen responden juga ingin bepergian tanpa hambatan.

2. Liburan bersama teman dan keluarga

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X