Puncak Dabo di Samarinda, Nyantai Lihat Sunset Sambil Selfie

Kompas.com - 12/01/2021, 07:21 WIB
Tempat wisata di Samarinda bernama Puncak Dabo yang memiliki beragam spot foto dengan pemandangan Kota Samarinda, Kalimantan Timur. dok. Puncak DaboTempat wisata di Samarinda bernama Puncak Dabo yang memiliki beragam spot foto dengan pemandangan Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

 

KOMPAS.com – Indahnya Kota Samarinda di Kalimantan Timur dapat dilihat dari ketinggian melalui kawasan wisata Puncak Dabo.

Selain bisa menikmati pemandangan, wisatawan yang berkunjung juga bisa bersantai sejenak melihat matahari terbenam sambil foto-foto di sejumlah spot Instagramable yang ada.

“Puncak Dabo sudah ada dari sekitar 2008-2009. Basecamp Damai Borneo, tempat kumpul para pemuda. Tapi baru dibangun jadi tempat wisata pada 2018 akhir,” kata Ketua Pengelola Puncak Dabo bernama Irwan kepada Kompas.com, Senin (11/1/2021).

Dia melanjutkan, ide pembangunan tempat wisata yang sudah empat kali tutup akibat pandemi Covid-19 merupakan inisiatif dari teman-temannya.

Baca juga: 5 Rekomendasi Penginapan di Penajam Paser Utara Kaltim

Saat pertama kali digarap, spot foto berupa pintu berwarna putih adalah spot foto pertama yang ada di sana. Lambat laun, sejumlah spot foto kekinian pun ditambahkan seperti bintang, gangsing berduri, dan bulan.

“Awal-awal yang ramai wisatawan spot pintu. Sekarang antara bulan, bintang, pintu, dan gangsing berduri. Tapi seiring jalannya waktu rata sih semua spot diminati,” tutur Irwan.

Selain yang telah disebutkan, terdapat satu spot foto yang cukup berbeda dari sejumlah spot foto yang ditawarkan Puncak Dabo—namanya adalah Bar Mini.

Bar Mini merupakan sebuah area photo booth yang didesain mirip dengan bar kecil yang lengkap dengan deretan botol minuman di belakang meja bar.

Tempat wisata di Samarinda bernama Puncak Dabo yang memiliki beragam spot foto dengan pemandangan Kota Samarinda, Kalimantan Timur.dok. Puncak Dabo Tempat wisata di Samarinda bernama Puncak Dabo yang memiliki beragam spot foto dengan pemandangan Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Siapa pun yang melihatnya pasti akan mengira bahwa Bar Mini adalah sebuah bar yang menyediakan beragam minuman beralkohol layaknya bar pada umumnya.

“Bar Mini itu photo booth, bukan tempat jual minuman. Botol-botol kosong kami dapatkan dari kelab malam, kami minta. Kami bawa ke Puncak Dabo,” jelas Irwan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X