Sempat Dialihkan karena Jembatan Putus di Brebes, Rute KA Progo Daop 1 Jakarta Kembali Normal

Kompas.com - 13/01/2021, 15:21 WIB
KA Bengawan menjadi KA pertama yang melintas jembatan antara Linggapura-Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Selasa (12/1/2021). KOMPAS.COM/DOK PT KAI DAOP 5KA Bengawan menjadi KA pertama yang melintas jembatan antara Linggapura-Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Selasa (12/1/2021).

KOMPAS.com – Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, KA Progo relasi Pasar Senen-Lempuyangan sempat dialihkan pada Selasa (12/1/2021).

“Dari Jakarta hanya satu KA pagi tadi, KA Progo yang diputar. Lainnya sampai dengan saat ini normal,” tuturnya kepada Kompas.com, Rabu (13/1/2021).

Dia melanjutkan, jika salah satu jembatan antara Linggapura-Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah tidak putus, KA Progo seharusnya melalui jalur Cirebon-Purwokerto-Kroya setelah dari Cikampek.

Baca juga: Penumpang KA yang Rapid Test di Daop 1 Jakarta Bertambah 1.500 Orang

Kendati demikian, putusnya jembatan akibat tergerus longsor membuat KA Progo harus dialihkan ke arah Bandung-Banjar-Kroya setelah melintasi Cikampek.

Adapun, dua jembatan Linggapura-Bumiayu merupakan jembatan yang kerap dilintasi oleh KA tujuan timur Pulau Jawa dari Jakarta dan sebaliknya.

“KA dari Jakarta yang lewat di sana itu tujuan Surabaya, Gubeng, Malang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo,” jelas Eva.

“Kalau KA dari Jakarta ke arah timur, normalnya memang melalui jembatan yang satu lagi yang masih berdiri,” lanjutnya.

Meski sempat dialihkan, namun saat ini KA Progo beserta KA lainnya yang berangkat dari Daop 1 Jakarta sudah berjalan normal kembali.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X