Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/01/2021, 11:20 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Struktur Vessel di Hudson Yards, Kota New York, ditutup sementara hingga batas waktu yang belum bisa ditentukan akibat adanya kasus bunuh diri ketiga yang terjadi di sana dalam kurun waktu kurang dari satu tahun.

Dilansir dari PEOPLE, penutupan ini dilakukan agar perusahaan pengembang struktur tersebut bisa melakukan perbaikan yang lebih aman.

Sejak pembukaannya pada Maret 2019, tempat ini jadi salah satu tempat wisata populer bagi wisatawan yang berkunjung ke New York bagian barat. Namun, sejak itu pula tempat ini telah jadi lokasi kasus bunuh diri sebanyak tiga kali.

Kasus bunuh diri yang terbaru terjadi pada Senin (11/1/2021) ketika Franklin Washington yang berusia 21 tahun ditemukan tidak sadarkan diri, menurut informasi dari juru bicara New York Police Department (NYPD) pada PEOPLE.

Baca juga: Hotel Berusia 100 Tahun di New York Tutup akibat Pandemi Corona

Washington yang berasal dari San Antonio disebut juga tewas akibat jatuh dari ketinggian. Investigasi perihal kematiannya masih terus dilakukan.

Sebelumnya, ada pula wanita berusia 24 tahun asal Brooklyn, New York, yang lompat dari Vessel pada 21 Desember 2020. Serta kasus bunuh diri mahasiswi berusia 19 tahun dari New Jersey pada Februari 2020.

Tutup sementara

Juru bicara Related Companies, yakni pengembang Hudson Yards, mengatakan pada New York Times bahwa penutupan Vessel bersifat sementara.

Firma tersebut sedang berkonsultasi dengan ahli pencegahan bunuh diri, termasuk psikiater, tentang bagaimana mencegah potensi terjadinya bunuh diri.

Juru bicara tersebut lewat pernyataannya di New York Post, juga menambahkan bahwa Related Companies telah menyewa pekerja keamanan yang lebih banyak.

Para pekerja keamanan tersebut secara khusus terlatih dalam mencari dan membantu orang-orang yang memiliki kecenderungan untuk lompat dari ketinggian.

Vessel di New York CityPixabay/PilotBrent Vessel di New York City

Ketua dewan komunitas lokal Lowell Kern mengatakan pada New York Times bahwa perwakilan perusahaan mengatakan kepadanya bahwa penutupan Vessel akan terus dilakukan hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Vessel tidak akan dibuka hingga langkah-langkah preventif dipaparkan pada dewan komunitas.

Kern sebelumnya sempat menulis surat mewakili dewan yang ditujukan kepada Related Companies pada Maret 2020, perihal kasus bunuh diri yang pertama.

Ia mengekspresikan kekhawatirannya mengenai pagar pembatas struktur yang relatif rendah. Dalam surat tersebut, ia juga meminta perusahaan untuk mengambil langkah dalam mengurangi potensi kasus bunuh diri yang lebih banyak.

Baca juga: Bandara di New York akan Dirikan Fasilitas Tes Covid-19

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com