Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tempat Wisata Sekitar Kebun Buah Mangunan, Puas Nikmati Negeri di Atas Awan

Kompas.com - 17/01/2021, 15:03 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Bantul punya banyak tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi pada akhir pekan. Dengan udaranya yang sejuk, Bantul menawarkan pemandangan indah hijau pegunungan dari ketinggian.

Salah satu tempat wisata terbaik adalah Kebun Buah Mangunan yang juga disebut sebagai negeri di atas awan. Itu karena dalam waktu tertentu, pengunjung bisa mendapatkan momen kabut seolah berada di atas awan.

Baca juga: Panduan Lengkap ke Kebun Buah Mangunan, Negeri Atas Awan di Yogyakarta

Tak hanya Kebun Buah Mangunan, Bantul juga punya beberapa tempat wisata lainnya yang tak kalah menarik. Tempat-tempat wisata ini terletak tak jauh dari Kebun Buah Mangunan.

1. Jurang Tembelan

Tempat wisata yang satu ini terletak di Mangunan, Dlingo, Kabupaten Bantul. Jam operasionalnya setiap hari 24 jam. Harga tiket masuknya hanya Rp 2.500 per orang.

Perahu awan di Jurang Tembelan, Yogyakarta.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Perahu awan di Jurang Tembelan, Yogyakarta.

Jurang Tembelan cocok dikunjungi di waktu-waktu seperti ini, saat musim hujan. Pasalnya, kabut akan muncul dan terlihat menyerupai gumpalan awan. Hal itu bisa membuat kamu seakan berada di atas awan.

Kabut akan muncul di pagi hari, jika malam harinya turun hujan. Kabut muncul di lembah sebelah barat Jurang Tembelan. Kabut akan melayang dan berarak menyerupai sungai kabut.

Seperti namanya, Jurang Tembelan berada di bibir jurang. Namun, tempat ini tidak begitu ekstrem. Pengunjung biasanya berfoto di beberapa spot Instagramabledengan latar belakang lembah dan perbukitan hijau yang indah.

2. Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung memiliki beberapa spot foto Instagramable berupa anjungan foto dengan tema yang unik dan berbeda. Salah satu yang ikonik adalah anjungan foto berbentuk layaknya kapal layar dan kereta pegasus.

Salah satu anjungan, berbentuk kereta pegasus di Bukit Panguk, Yogyakarta.Kompas.com/Silvita Agmasari Salah satu anjungan, berbentuk kereta pegasus di Bukit Panguk, Yogyakarta.

Jika tak ingin berfoto di anjungan tersebut, kamu juga bisa hanya menikmati suasana indah perbukitan yang hijau dan udara yang sejuk dari beberapa gardu pandang yang tersedia.

Bukit Panguk terkenal juga sebagai salah satu tempat menanti momen matahari terbit yang terbaik di Bantul. Sunrise di Bukit Panguk Kediwung seakan muncul dari lautan awan akibat adanya “sungai” kabut.

Letak tempat wisata ini ada di Dusun Kediwung, Mangunan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Jam operasionalnya setiap hari pukul 04.00–17.00 WIB. Harga tiket masuknya Rp 3.000 dengan tarif parkir mobil Rp 5.000 dan motor Rp 3.000.

3. Hutan Pinus Mangunan

Tempat wisata ini punya suasana yang rindang dan sejuk diteduhi pohon pinus, sehingga cocok dijadikan tempat bersantai bersama keluarga.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com