Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/01/2021, 10:34 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah Kota Pontianak di Kalimantan Barat akan mengubah Bukit Rel di Kelurahan Batu Layang, Pontianak Utara menjadi tempat wisata baru di kota itu.

"Kita akan mulai untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitasnya, mungkin dalam dua tahun diperkirakan rampung," kata Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kantono saat berada di atas Bukit Rel, Sabtu (16/1/2021), dilansir dari Antara.

Ia mengatakan, Pemkot Pontianak akan menjadikan kawasan Bukit Rel dengan lingkungan yang tetap asri beserta hutan lindungnya, sehingga masyarakat sekitar bisa memanfaatkan potensi yang ada untuk kesejahteraan.

"Saya yakin kawasan ini menjadi potensi wisata, termasuk wisata religi yang ada di Bukit Rel," kata Edi.

Baca juga: 10 Tempat Wisata Pontianak, Belajar Sejarah hingga Minum Kopi

Bukit Rel memiliki ketinggian kurang lebih 40 meter. Dulunya, ada dua bukit, namun ada bekas kerukan batu dan tanah saat Belanda membangun kota.

Kini, tinggal satu bukit berdiri dengan sisa-sisa peninggalan seperti rel dan reruntuhan bekas bangunan pemecah batu.

Di puncak, juga terdapat pantak-lokasi ritual adat Dayak. Keberagaman juga tampak lantaran kawasan itu dihuni berbagai suku.

Baca juga: Apa Itu Tradisi Makan Saprahan di Pontianak?

Oleh karena itu, kata Edi, Bukit Rel Cocok untuk pengembangan wisata berbasis alam dan budaya.

Lokasi Bukit Rel cukup mudah dijangkau. Dari pusat kota, berjarak 30 menit ke jalan utama yakni Jalan Panca Bakti, samping Kantor Lurah Batu Layang. Dari tepi jalan besar, masuk tiga kilometer ke dalam.

Pada tahun 2021, Pemkot Pontianak akan memulai pembangunan jembatan termasuk jalan menuju Bukit Rel.

Baca juga: Tradisi Bakar Kapal Wangkang Meriahkan Sembahyang Kubur di Pontianak

Sementara itu, Ketua Rumpon Juliansyah mengatakan, tidak sedikit masyarakat yang belum mengetahui keberadaan Bukit Rel ini.

Oleh sebab itu, melalui kegiatan funbike yang digelar ini, dirinya berharap Bukit Rel mulai banyak dikenal oleh masyarakat.

"Tujuan kita melaksanakan kegiatan ini untuk membantu memperkenalkan Bukit Rel sebagai tempat wisata baru di Pontianak," ujarnya.

Selaku penggiat komunitas, Juliansyah mengapresiasi kepedulian Pemkot Pontianak untuk mengembangkan kawasan Bukit Rel sebagai tempat wisata baru di Pontianak. Selain itu, ada juga komunitas sepeda yang berencana membuat trek sepeda di kawasan ini.

"Mudah-mudahan penggiat komunitas dan masyarakat sekitar Bukit Rel saling bersinergi dan bahu membahu untuk membuka kawasan wisata di Bukit Rel ini," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com