Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aturan dan Larangan di Alas Purwo Banyuwangi

Kompas.com - 19/01/2021, 17:05 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Taman Nasional (TN) Alas Purwo di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur tetap membuka operasional kunjungan selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali, 11–25 Januari 2021.

Untuk melakukan kunjungan ke sana, ada beberapa aturan dan larangan yang harus dipatuhi para wisatawan agar bisa berkunjung dengan tertib, aman, dan nyaman.

Baca juga: Wisata ke Taman Nasional Alas Purwo, Bisa ke Mana Saja?

Berikut ini 7 aturan saat berkunjung ke Alas Purwo Banyuwangi:

1. Jam buka terbatas

Selama pandemi Covid-19, TN Alas Purwo membatasi jam operasional wisata, yakni mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB.

2. Jumlah maksimal kapasitas wisatawan

Menurut Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I TN Alas Purwo Probo Wresni Aji, saat ini TN Alas Purwo masih membatasi jumlah kunjungan wisatawan menjadi hanya 500 orang per hari.

Namun, TN Alas Purwo tidak memberlakukan sistem buka tutup. Pasalnya sejak dibuka kembali selama new normal pada pertengahan 2020, pihaknya tidak pernah menerima jumlah pengunjung hingga 500 orang atau lebih dalam sehari.

Banteng di Padang Savana blok Sadengan Taman Nasional Alas Purwo BanyuwangiKOMPAS.COM/Ira Rachmawati Banteng di Padang Savana blok Sadengan Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi

Untuk Savana Sadengan pun kapasitasnya tetap terbatas, yakni maksimal 50 wisatawan di dalam kawasan tersebut dengan sistem buka tutup.

“Sirkulasi pengunjung di TN Alas Purwo lancar. Dan rata-rata waktu pengunjung paling lama dua jam, sehingga tidak sampai ada penumpukan pengunjung,” kata Probo pada Kompas.com, Kamis (7/1/2021).

3. Beberapa kawasan wisata ditutup

Beberapa kawasan wisata yang terdapat di TN Alas Purwo juga masih ditutup untuk sementara. Kawasan wisata tersebut termasuk semua kawasan goa mencakup Goa Istana, Padepokan, dan Mayangkoro.

“Untuk mencegah penularan, yang ke goa banyak dari mana-mana. Area goa juga bukan area terbuka,” kata pihak TN Alas Purwo saat dikonfirmasi via Instagram @tnalaspurwo oleh Kompas.com, Selasa (19/1/2021).

Baca juga: Wisata ke TN Alas Purwo, Tidak Pakai Masker Dilarang Masuk

Penutupan tersebut dilakukan hingga batas waktu yang belum ditentukan. Untuk menghindari kerumunan dan risiko penularan, bisa jadi kawasan tersebut akan ditutup hingga darurat Covid-19 selesai.

Selain kawasan goa, penginapan Trianggulasi juga untuk sementara masih ditutup.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com