Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik, Singapura Rayakan Imlek secara Drive-Thru

Kompas.com - 23/01/2021, 13:43 WIB
Nabilla Ramadhian,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Perayaan Hari Raya Imlek yang jatuh pada 12 Februari 2021 mungkin akan terasa berbeda karena pandemi Covid-19.

Jika sebelumnya masyarakat bisa menggelar festival yang menampilkan sejumlah pertunjukan kebudayaan, tahun ini mungkin mereka tidak bisa menggelarnya atau perayaan diubah menggunakan konsep yang berbeda seperti Singapura.

Baca juga: Pilihan Menu Makanan Halal Saat Liburan Imlek di Hong Kong

Berdasarkan informasi dalam situs resmi Singapore Chinese Cultural Center, Negeri Singa melakukan perayaan Hari Raya Imlek secara drive-thru dalam acara Moo Moo Park.

Selama berada di Moo Moo Park, pengunjung dapat merayakan Imlek 2021 dengan menikmati berbagai karya seni dengan berjalan kaki atau menaiki mobil listrik.

Karya-karya seni yang ditampilkan merupakan karya dari delapan seniman lokal yang terinspirasi dari tahun kerbau.

Karya seni interaktif

Guna membuat Hari Raya Imlek 2021 semakin menarik meski dilakukan dengan konsep yang berbeda, pihak Singapore Chinese Cultural Center yang berkolaborasi dengan The MeshMinds Foundation menggunakan teknologi interaktif.

Seluruh karya digital yang ditampilkan diubah menjadi instalasi seni tiga dimensi, filter selfie, dan mural augmented reality (AR).

 

@todayonline

Get in the ##mood at ##moomoopark ???????????? ##chinesenewyear ##cny ##lny2021 ##zodiac ##chinese ##newyear ##drivethru ##art ##AR ##tiktoksg ##tiktok ##fyp ##foryou

? Up Beat (Married Life) - Kenyi

Setiap karya seni juga akan memiliki fokus pada tujuan pembangunan berkelanjutan milik PBB yang berkaitan dengan iklim dan kehidupan di darat.

Berdasarkan pantauan Kompas.com melalui akun Tiktok Today Online—portal berita Singapura—pada Sabtu (23/1/2021), jika pengunjung menggunakan mobil elektrik, perjalanan merayakan Imlek secara drive-thru akan dipandu melalui sebuah audio.

Saat berkunjung ke mural AR, wisatawan bisa mengarahkan ponsel mereka ke arah karya seni tersebut untuk melihatnya bergerak.

Baca juga: Rayakan Imlek, Ini Makna Manisan dalam Sembahyang dan Perayaan Imlek

Pameran seni interaktif dalam rangka merayakan Imlek tersebut berlangsung pada 22 Januari-28 Maret 2021 di Level 6 Carpark Singapore Chinese Cultural Center.

Jika ingin melihatnya dengan berjalan kaki, jam operasionalnya adalah Senin-Jumat pukul 12.00-17.00 waktu setempat dan Minggu pukul 12.00-22.00 waktu setempat.

Sementara bagi yang ingin menikmati konsep drive-thru, jam operasionalnya adalah Senin-Jumat pukul 18.00-22.00 waktu setempat dan Minggu pukul 12.00-22.00 waktu setempat.

Harga tiketnya adalah 10 dollar Singapura untuk drive-thru atau Rp 106.119. Sementara itu, untuk yang berjalan kaki harga tiketnya adalah 5 dollar Singapura atau Rp 53.059.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com