Kompas.com - 27/01/2021, 09:55 WIB
Susana Pantai Baron Saat Uji Coba New Normal Rabu (24/6/2020) KOMPAS.COM/MARKUS YUWONOSusana Pantai Baron Saat Uji Coba New Normal Rabu (24/6/2020)

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Bupati Gunungkidul Badingah mengaku terus berinovasi agar memudahkan pengunjung untuk menikmati alam di sana.

Salah satu inovasinya dengan penggunaan e-ticketing agar pengunjung mudah membeli tiket serta pencegahan Covid-19.

Menurut dia, e-ticketing diluncurkan saat momen yang tepat, sebab transaksi dilakukan secara non-tunai, sehingga kontak langsung bisa minima.

Baca juga: Wisatawan dari Luar DIY Tak Perlu Rapid Antigen Saat ke Gunungkidul

 

Layanan ini sudah dilakukan berbagai rangkaian uji coba agar hasilnya maksimal nantinya. 

"Ini jadi salah satu upaya penegakan protokol kesehatan (prokes) di situasi pandemi COVID-19," kata Badingah dikutip dari rilis pemkab Gunungkidul Selasa (26/1/2021)

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia berharap, berharap layanan e-ticketing di TPR Baron bisa dimanfaatkan secara optimal oleh petugas hingga wisatawan.

Selain itu, diharapkan dapat mengoptimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Gunungkidul dari sektor pariwisata.

Baca juga: Wisata ke Gunungkidul, Jangan Lupa Beli Durian Kencono Rukmi yang Unik

 

Sebab, dengan mudahnya pembayaran mampu meningkatkan kunjungan wisatawan ke Gunungkidul yang saat ini juga terdampak pandemi.

“Dengan demikian Pendapatan Asli Daerah dari Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga akan lebih meningkat,” kata Asti

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Asti Wijayanti mengatakan proses e-ticketing sudah dipersiapkan dengan bekerjasama dengan bank BUMN sejak 23 Desember 2019.

Baca juga: Wajah Pantai Baron Akan Berubah

E-ticketing juga sudah dilakukan serangkaian uji coba sejak Oktober 2020. Namun karena adanya pandemi baru bisa diluncurkan hari ini di TPR utama Pantai Baron.

Ada dua metode pembayaran, pertama dengan memindai barcode yang tersedia di TPR, kedua memesan tiket lewat situs resmi http://ewisata.gunungkidulkab.go.id.

"Sesuai perjanjian kerjasama layanan akan disedikan di Pos Retribusi Baron sampai (pantai) Pok Tunggal," kata Asti

"Untuk sementara ini baru di Pos Retribusi Baron Utama yang sudah benar-benar siap, selanjutnya akan dikembangkan lagi ke Pos Retribusi yanga lain," kata dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X