Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/01/2021, 11:31 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sebuah temuan dari Tripadvisor yang merupakan perusahaan perjalanan dari Amerika Serikat (AS), terdapat lima tren pariwisata yang akan terjadi pada 2021.

Melansir Travel Daily Media, Senin (25/1/2021), penemuan didapat berdasarkan riset yang dilakukan dengan menganalisis data pencarian dan sentimen wisatawan di enam pasar wisata utama, yaitu Inggris, AS, Australia, Italia, Jepang, dan Singapura.

Dalam penemuan tersebut, terlihat bahwa rasa percaya diri wisatawan meningkat dan mereka akan melakukan perjalanan ke luar negeri pada paruh kedua 2021, meski saat ini pembatasan perjalanan internasional sedang diterapkan, termasuk di Inggris.

Baca juga: Roller Coaster Setinggi 20 Meter Akan Tiba di Coney Island AS

Bahkan secara global, sebagian besar pencarian hotel di Tripadvisor sudah bergeser pada destinasi internasional untuk perjalanan yang dimulai pada Mei hingga seterusnya.

“Walaupun pembatasan perjalanan dan makan di restoran tetap berlaku di Inggris, banyak pelancong optimistis mereka akan berlibur ke luar negeri tahun ini. Terlebih saat vaksin telah digelontorkan,” kata Senior Research Analyst Tripadvisor, Shibani Walia, mengutip Travel Daily Media.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut lima tren pariwisata yang telah Kompas.com rangkum, Rabu (27/1/2021:

1. Perjalanan internasional dilakukan pada paruh kedua 2021

Para pelancong berencana untuk berlibur ke luar negeri pada paruh kedua 2021. Setengah dari seluruh pelancong yang telah disurvei secara global atau 47 persen mengatakan hal tersebut.

Di Inggris sendiri, proporsi tersebut meningkat menjadi 58 persen atau lebih dari setengah dari mereka yang disurvei.

Faktanya, dari enam negara yang disurvei, wisatawan Inggris-lah yang paling mungkin telah memesan perjalanan ke luar negeri.

Baca juga: Air New Zealand Mulai Penerbangan Tanpa Karantina ke Brisbane, Australia

Satu dari enam (16 persen) responden telah melakukan pemesanan jika dibandingkan dengan rata-rata global satu dari sepuluh (11 persen) responden.

Pada pekan awal Januari, 85 persen pengguna Tripadvisor di Inggris yang mengeklik hotel-hotel dalam situs tersebut merencanakan perjalanan internasional untuk akhir tahun ini.

Dari 15 negara yan dianalisis, hanya Jerman yang memiliki proporsi lebih tinggi dari pengguna yang mengeklik untuk memesan hotel internasional pada minggu itu.

2. Vaksin tingkatkan rasa percaya diri wisatawan

Vaksinasi secara menyeluruh tidak hanya berdampak pada rasa percaya diri wisatawan untuk berlibur, namun juga memiliki pengaruh yang besar tentang kapan wisatawan leisure bersiap untuk pergi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com