Kompas.com - 31/01/2021, 08:08 WIB

KOMPAS.com – Gunung Gamping merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Perbukitan dengan batuan gamping yang dilengkapi beberapa spot foto menghadap pemandangan indah, serta momen sunrise dan sunsetnya menjadikan tempat wisata ini patut jadi alternatif wisata alam di kawasan Tawangmangu.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Tawangmangu, Pas untuk Liburan Akhir Pekan

Wisata Gunung Gamping terletak di kaki Gunung Lawu, Desa Bandardawung, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Tepatnya di pinggir jalan Matesih-Tawangmangu.

Rute menuju Gunung Gamping Tawangmangu

Jika berpatokan dari Pasar Wisata Tawangmangu, maka kamu hanya butuh waktu sekitar 10 menit untuk menempuh jarak kurang lebih 3 kilometer menuju Gunung Gamping ini.

“Dari Pasar Tawangmangu itu turun, menuju ke arah barat. Itu kurang lebih kalau naik kendaraan ya 10 menit lah sampai. Dari Matesih kurang lebih 15-20 menit itu kalau jalannya kendaraan santai,” kata Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dwi Hargo Gunung Gamping Aziz Purwanto pada Kompas.com, Sabtu (20/1/2021).

Menurut Aziz, jalur menuju ke Gunung Gamping relatif sudah bagus dan tidak terlalu ekstrem. Secara fisik, tidak ada kendala yang berarti untuk jalannya.

Namun karena melewati kawasan pemukiman warga desa, maka jalannya pun tidak terlalu luas. Jalanan bisa dilewati mobil dan motor dengan mudah. Bahkan mobil elf pun masih masuk.

Baca juga: Wisata Alam di Tawangmangu Wonder Park, Bisa Lihat Gunung Lawu

Sementara bus masih tidak bisa melewati jalanan tersebut terus hingga ke tempat parkir wisata Gunung Gamping.

Gunung Gamping TawangmanguKompas.com/Anggara W. Prasetya Gunung Gamping Tawangmangu

“Kalau bus rencananya bisa parkir di sebelah utara Lapangan Sepanjang. Nanti parkir di situ, kemudian masuknya sampai ke lokasi kita adakan ojek atau jeep. Itu rencana ya, belum jalan tapi,” tutur Aziz.

Baca juga: Harga Tiket Masuk dan Rute Menuju Tawangmangu Wonder Park

Sesampainya di tempat parkir yang tersedia, wisatawan juga masih harus berjalan kaki mendaki tangga yang sudah disediakan pengelola untuk bisa mencapai kawasan wisatanya dan bisa melihat pemandangan indah.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.