Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Cuma Komodo, Ini 7 Keindahan Pariwisata NTT

Kompas.com - 31/01/2021, 20:57 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Seorang anggota Komisi V DPR tertangkap kamera dan viral di media sosial karena menyebut Nusa Tenggara Timur (NTT) tidak memiliki hal istimewa selain komodo.

“Saya kemarin diajak oleh teman-teman Komisi IV kunjungan ke NTT. Tidak ada yang istimewa bu di sana, paling yang istimewa itu komodonya saja,” kata anggota DPR tersebut dalam video Tiktok milik akun @Bryant24 yang diunggah kembali oleh akun Instagram @lambe_turah pada Minggu (31/1/2021).

Pernyataan tersebut kemudian membuat warganet geram. Sejumlah pengguna Twitter pun mengunggah foto-foto yang memperlihatkan keindahan NTT.

Baca juga: Danau Rana Tonjong, Wisata Alternatif di Flores Selain Melihat Komodo

Salah satunya adalah Travel Influencer Harival Zayuka melalui akun Twitter @harivalzayuka yang mengatakan bahwa Bakri mainnya kurang jauh.

“Bapak seperti nya mainnya kurang jauh ya! Sampe bapak bisa-bisanya bilang NTT gak ada yang istimewa kecuali Komodo. Perlu saya ajak bapak untuk mengenal NTT lebih jauh kah?” tulisnya.

Komodo merupakan salah satu daya tarik pariwisata NTT karena merupakan reptil purba yang masih hidup hingga kini, dan merupakan ikon dari Indonesia.

Baca juga: Wisata Bukit Damai NTT, Nikmati Keindahan Alam dan Spot Instagramable

Kendati demikian, pesona NTT tidak hanya seputar komodo karena provinsi tersebut menyimpan segudang keindahan yang patut disaksikan secara langsung.

Untuk lebih jelasnya, berikut telah Kompas.com rangkum deretan keindahan pariwisata NTT selain komodo, Minggu:

warga di kampung wisata Melo, Kecamatan Mbeliling, Manggarai Barat, NTT mementaskan tarian Kerangkuk Alu kepada tamu untuk pengembangan wisata berbasis budaya. (HANDOUT/BOPLBF)HANDOUT/BOPLBF warga di kampung wisata Melo, Kecamatan Mbeliling, Manggarai Barat, NTT mementaskan tarian Kerangkuk Alu kepada tamu untuk pengembangan wisata berbasis budaya. (HANDOUT/BOPLBF)

1. Kampung Melo

Kampung Melo merupakan salah satu tempat wisata yang dapat dikunjungi oleh wisatawan yang ingin melakukan kegiatan wisata budaya.

Berlokasi di Desa Liang Ndara, Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat, jarak dari Bandara Komodo di Labuan Bajo adalah sekitar 30 menit.

Tempat tersebut berada pada ketinggian 600 meter. Sembari menikmati indahnya panorama Kabupaten Manggarai Barat dari ketinggian, kamu bisa berkunjung ke Rumah Gendang sambil mengenakan sebuah kain selendang khas Kampung Melo.

Baca juga: Ternyata Ini Makna Caci, Tarian Perang yang Sakral dari NTT

Di sana, kamu akan melihat masyarakat setempat melakukan sebuah ritual adat yang dimulai dengan ketua adat membacakan mantra khusus dalam bahasa setempat.

Kemudian, kamu akan diberi minuman khusus bernama sopi dan pinang berisi sirih. Setelah melalui ritual adat, wisatawan bisa langsung menonton Tari Caci.

Adapun, Tari Caci adalah tarian yang dilakukan oleh para pemuda desa yang dipimpin oleh tetua adat. Tarian tersebut memiliki tiga jenis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com